Tentang kami

My photo
Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
Telkom Sulawesi Tengah sebagai penyedia layanan Internet berkomitmen untuk melayani para pelanggan sepenuh hati. Blog ini sebagai salah satu moda interaksi kami dengan para pelanggan dan calon pelanggan selain melalui Plasa Telkom, 147 dan www.telkom.co.id serta www.indihome.co.id Di dalam blog ini kami menyediakan berbagai pengetahuan tentang internet INDIHOME yang diperlukan oleh pelanggan dan calon pelanggan. Kami menerima masukan dan saran untuk perbaikan melalui e-mail helpdesk.speedypalu@gmail.com Terimakasih telah berkunjung.

Wednesday, October 19, 2011

Cara Mudah Lokalisir Gangguan SPEEDY

Bagaimana jika SPEEDY anda tiba-tiba tidak bisa browsing? ......
Padahal kita sedang sangat butuh akses internet?..........
Jengkel bukan?....
Bete bukan?........
Sedih bukan?......

Ini saya berikan tips nya bagaimana untuk melokalisir gangguan Speedy.
Perhatikan contoh modem berikut ini (ini merk ZTE dengan fasititas Wifi).

Setiap modem Speedy memiliki lampu-lampu indikator (berupa LED). Minimal ada 4 antara lain : Power, DSL/Link/ADSL, LAN/Ethernet, Internet/Data, USB, WLAN/Wifi/Wireless.
Jika Modem tersebut dicolokkan ke adaptor , maka arti dari masing masing lampu Led nya adalah sebagai berikut :
  • POWER : Nyala, artinya normal (ada catuan listrik). Mati berarti modem rusak
  • DSL/Link : Nyala stabil berarti saluran ke sentral Telkom normal. Jika Nyala kedip kedip, berarti saluran telepon dari modem tidak nyambung(putus) ke arah Telkom.
  • LAN/Ethernet : Nyala (bisa kedip/stabil) berarti ada PC/Laptop yg terhubung ke Modem. Jika mati, berarti tidak ada PC/Laptop yg tersambung ke modem.
  • Internet/Data : Nyala (bisa kedip/stabil) berarti modem sudah terkoneksi ke BRAS artinya sudah siap browsing. Jika Nyala warna Merah berarti ada kesalahan password atau username, atau isolir karena belum bayar tagihan. Jika tidak nyala, berarti modem belum disetting PPPoE atau jika sudah disetting dengan mode Bridge.
  • WLAN/Wireless : Hidup, berarti setting wifi di modem sudah berhasil, kedip-kedip berarti sudah ada PC/Laptop/Hp client yg melakukan koneksi. Mati jika setting wifi di nonaktifkan.
  • USB : ini khusus untuk modem non wireless, Nyala jika ada PC/Laptop yg terkonek ke modem melalui port USB. Jika mati berarti tidak ada.
Jadi kalau tiba-tiba Speedy anda tidak bisa browsing, maka lakukan langkah-langkah berikut ini :
  1. Cek status Modem, semua lampu indikator. Utamanya lampu Power, ADSL/Link, LAN/Ethernet &Internet/Data.
    Jika lampu ADSL/Link tidak menyala, cek nada teleponnya, apakah ada atau tidak, jika tidak ada, cek perkabelan dari roset ke filter dan ke modem. Jika semua bagus, maka laporkan ke 147 sebagai gangguan telepon (menu 3)
  2. Cek status LAN di komputer.
    Masuk ke LAN Properties.
    Cek IP LAN melalui propertis LAN,atau pakai command prompt ketik ipconfig
    Test Ping ke IP local modem 192.168.1.1 Jika tidak tembus, maka cek konfigurasi LAN nya, apakah sudah Obtain automatically/DHCP atau statik. Kalau statik, hapus dulu dan kembalikan ke Obtain.
    Lakukan test ping lagi ke IP Modem (192.168.1.1), jika berhasil, lanjut ke langkah berikutnya.
  3. Test Ping ke IP Speedy (202.134.0.155) atau DNS yang lain, misalnya DNS Nawala. Jika tidak berhasil maka cek status koneksi PPPoE/PPPoA di Modem. Lihat apakah Modem sudah berhasil mendapat IP dari BRAS. Jika belum mendapat IP, maka kemungkinan koneksi belum berhasil. Lakukan koneksi dengan type bridge. Lakukan koneksi, apakah error yang terjadi, apakah 678 atau 692. Jika 692, berarti user name/password salah, jika 678 mungkin portnya yang error atau modul DSLAM nya rusak.
  4. Jika semua diatas normal, coba Cek proxy apakah terpasang atau tidak, terutama laptop yang sering dipakai di tempat kerja, dimana kalau di kantor Laptop yg terhubung LAN, untuk akses internetnya harus memakai Proxy. Kalau terpasang, lepaskan dan kosongkan.
  5. Jika lampu Data/Internet tidak menyala Cek tagihan apakah ada tunggakan atau tidak. Jika masih ada tunggakan , lunasi dulu tunggakannya.
  6. Jika lampu Data/Internet masih warna merah, coba ingat-ingat , apakah sebelumnya anda pernah melakukan RESET Modem (menekan lobang kecil dibelakang modem)? Kalau Ya berarti anda harus melakukan setting ulang modem anda, siapkan username dan password. Atau apakah baru saja mengubah password Speedy melalui portal  http://www.telkomspeedy.com/
    Kalau ya, berarti password yg baru saja diubah harus di inject kan di Modem melalui setting modem. Coba cari artikel cara setting modem bagaimana, Coba cari artike di Blog ini folder Nopember 2011 dengan judul Cara Setting Modem Wifi merk ZTE, atau ke http://www.speedybandung.blogspot.com/.
  7. Kalau masih belum bisa browsing Cek di status modem (masuk setting), apakah sudah mendapat alokasi IP dari BRAS. Jika belum, ada kemungkinan gangguan massal. Atau kalau pelanggan dengan fixed IP, ada kemungkinan IP conflict. Coba laporkan ke 147 menu 2 (data& internet). Penanganan gangguan pelanggan personal maksimal 3 hari sejak lapor. Jika lebih dari itu anda berhak SLG yg diperhitungkan di pemotongan abonemen.
  8. Jika test ping ke modem dan DNS tembus, namun belum bisa browsing, lakukan setting DNS manual ke IP setting, misalkan dengan DNS Nawala.
    Trik untuk netbook dan windows nya Seven atau Vista, sebelum komputer dihidupkan, hidupkan terlebih dulu modem speedy sampai semua lampu nyala normal, Netbook dihidupkan.
Semoga bermanfaat.



187 comments:

  1. pada WLAN, ketika WLANnya mati, tandanya setting wifi di nonaktifkan. bagaimana cara mengaktifkannya kembali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari artikel di blog ini yg berjudul cara seting modrn wifi merk ZTE. Kalau merk modennya lain, secara prinsip
      caranya sama.

      Delete
  2. Terimakasih informasinya sangat berguna.
    Salam kenal

    tambelanblog.com

    ReplyDelete
  3. internet speedy sering trouble ,wlan sering mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. @gudang bertuah : mohon diperjelas data-datanya agar bisa dilakukan investigasi penyebabnya, minimal nomer telepon/Speedy (boleh dikirim via japri ke helpdesk.speedypalu@gmail.com). Kemudian pada saat wlan mati, apakah lampu adsl nya nyala stabil dan lampu intenet normal, atau hanya wlan saja yg mati. Perlu diketahui, bahwa indikator lampu wlan tidak merepresentasikan koneksi Speedy, tetapi hanya mengindikasikan koneksi antara modem speedy dengan laptop/hp/tablet yang terhubung ke modem melalui wireless. Lampu ini berkedip apabila ada laptop/hp/tablet yang sedang akses, dan hanya nyala stabil saja pada saat tidak ada yang akses. Kalau lampu ini mati, mungkin konfigurasi wireless nya yang belum betul.
      Tks atas kunjungannya.

      Delete
  4. saya baru saja pasang speedy, tapi pada saat di setting d komputer saya Lampu LAN di PC warna merah, dan ga bisa akses internet walapupun sudah connected tp ga bs browsing. Sedangkan pas pada setting di laptop saya ko langsung bisa, kata orang telkom nya Hardware LAN saya bermaslah, tapi saya cek driver sudah terinstal. untuk catatan PC saya pke Windows 7 dan laptop saya pke windows xp. apakah berpengaruh??
    bagaimana saya tau kecepatan speedy saya apakah memang sudah 512 Kbps, sesuai dengan paket yg sy pilih, soal nya ko agak lemot ya,,,
    makasih,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ade pamungkas : dari pemaparan anda, bahwa jika pakai laptop langsung bisa browsing, mengindikasikan bahwa koneksi Speedy sudah normal, dan permasalahan sudah pasti ada pada pengaturan parameter LAN antara Modem dengan PC.
      Untuk investigainya, coba lakukan hal hal sebagai berikut :
      1. Cek apakah IP address configuration pada PC anda sudah sesuai dengan konfigurasi Modem ? misal kalau modem pakai DHCP, maka di PC tidak perlu ditulis manual alamat IP nya. Jika di Modem LAN nya pakai STatic IP, maka, di PC harus diinput manual alamat IP nya beserta DNS nya.
      2. Cek apakah Option koneksi Browser anda masih ada Proxy nya, jika ya, maka lepaskan proxy nya.
      3. Lakukan Test ping, antar PC ke modem. Jika IP nya standart, maka dari Command Prompt ketiklah ping 192.168.1.1, jika hasilnya Replay, maka koneksi PC ke modem sudah benar, konfigurasi IP sudah tersambung. Jika RTO, berarti koneksi PC ke modem belum benar.
      4. Jika langkah 3 sudah OK, maka lakukan test ping ke DNS Speedy, misalnya salah satunya ke 202.134.0.155, jika tersambung, berarti IP address nya sudah benar settingnya. Trus lakukan test ping ke Address publik, misalnya ke www.google.com , Test ini untuk memastikan DNS nya bekerja normal atau tidak. Jika semua test sudah bisa, maka seharusnya sudah bisa browsing. O..ya terakhir untuk melakukan test speed, silahkan akses ke www.telkomspeedy.com , di sebelah kanan atas ada gambar Spidometer, klik aja disitu, dan lakukan langkah selanjutnya. Demikian semoga bisa membantu.

      Delete
  5. Maaf gan mau mint ilmunya, maslah modem ane TP-Link Mati, barusan didaerah ane hujan deras dengan petir yang menyeramkan padahal semua kabel power sudah ane cabut sebelum hujan turun juga..anehnya ketika hujan reda dan petir juga sudah tidak ada, ane idupin komp berikut dengan modem tapi hanya lampu indikator powernya saja yang menyala sedangkan lampu indikator yang lain mati..ini kenapa gan ?? bisa di atasi ga ?? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lapor saja ke 147, bahwa Speedy gangguan tidak bisa dipakai. Pasti ada solusinya nanti. Kalau dari Handphone 031147 atau 021147.

      Delete
  6. mas : kalo punya saya lampu DSL dan internet ga nyala gimana caranya soalnya udh lama ga hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampu internet tidak akan menyala, jika lampu DSL/ADSL/Link nya belum nyala stabil atau bahkan tidak nyala sama sekali. Lampu DSL/ADSL/Link adalah indikator apakah jaringan Fisik Kabel dari Modem di rumah pelanggan ke Sentral Data di Telkom tembus/tersambung atau tidak. Coba baca lagi artikel ini petunjuk/langkah No.1, disana sudah saya jelaskan dengan lengkap.

      Delete
  7. mas : tolong bantu saya make modem tp-link
    lampu internet sama lampu dsl gk nyala , tapi saya colok tuh kabel ke telepon rumah sebentar dan nyambung lagi tapi cuman bentar , nanti mati lagi lampunya , mohon penjelasannya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. bner tuh gan ane juga kaya begitu :(

      Delete
  8. Maksudnya apa nih : "saya colok tuh kabel ke telepon rumah"
    Apakah yg dimaksud : kabel dari modem yang seharusnya nyolok ke SPLITTER port Modem, lalu dilepas dan dicolok ke "pesawat telepon rumah" yang punya dua lobang colokan? Apakah begitu maksudnya? Kalau iya, berarti benar memang , karena modem speedy tidak bisa di paralel dengan pesawat telepon tanpa SPLITTER.

    Atau begini: kabel yang ke modem tadinya lepas (tidak nempel/nyolok di lobang/port sama sekali) kemudian di colok ke lobang/port/roset telepon, lalu nyala sebentar nyambung internet, trus mati lagi ? Kalau benar, maka perlu dilakukan pengecekan modem apakah rusak atau tidak oleh petugas Gangguan Speedy. Caranya anda harus laporkan dulu ke 147 kalau dari telpon rumah, atau 031147 kalau dari HP. Jika tone telepon ada, masuk menu 2 gangguan speedy, jika tone telepon tidak ada masuk menu 3 gangguan telepon. Trimakasih atas kunjungannya ya.

    ReplyDelete
  9. pak,,d tmpt saya jg saat listrik padam,.pas hidup lg,,eh malah modemnya gak bsa konek internetan,.lampu indikator internetnya mati,lampu indktr yg lain nyala..sinyal wifi msi bsa di tangkap,,modem sdh d restart dan di reset berulang ttp sama jg..saat hub CS malah di pandu utk reset lg tu modem..tp hslnya ttp ga bsa..akhrnya kita d sruh nunggu sama mbak CSny,katanya mau koordinasi dulu sama teknisiny.,lalu dimintai nmr tlpn kta,.tp stlh di tunggu2 hmpr 9 jam tak kunjung di hubungi...krna sdh larut mlm,akirnya sy putuskan utk menghubungi lg CS besok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu diperhatikan aktivitas RESTART dan RESET.
      RESTART adalah mematikan power modem kemudian menghidupkan lagi.Dalam aktifitas ini tidak ada perubahan setting modem. RESTART boleh dilakukan oleh sembarang orang pada saat kondisi modem hank/halt/karena panas atau yang lain, atau sekedar melakukan refresh koneksi untuk/agar IP Address publik berganti.

      RESET adalah menekan lobang kecil di belakang modem, sehingga setingan modem akan kembali ke default pabrik, sehingga seolah olah modem kembali ke posisi belum disetting. RESET tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang, apalagi belum paham cara melakukan seting ulang dan atau tidak tersedia username dan password.

      Jika ternyata RESET yang anda lakukan, maka silahkan disetting ulang modemnya, dengan syarat : user dan password telah tersedia. Jika tidak tahu cara setting modem, tinggal tunggu petugas aja setelah lapor ke 147.
      Jika tidak sabar nunggu petugas datang, silahkan pelajari bagaimana cara setting modem ADSL, googling aja di internet. Atau cari aja di Artikel Blog ini di Folder bulan Nopember dengan judul : Cara Seting Modem Wifi merk ZTE. Walaupun merk ZTE tapi secara prinsip sama untuk merk modem lain.
      Silahkan dicoba.
      Semoga berhasil

      Delete
  10. slamat siang
    speedy sy smntra ada gangguan, mohon bantuannya,
    jdi gini, lampu indikator pda modem speedy smuanya nyala, ping ke modem pun Normal
    tpi yg jdi maslah disini adlh tdak bisa konek internet, dan sy cba ping ke dns google, hsilnya destination net unreachable atw RTO
    apkah ini mslah di jaringan ??
    mhon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua lampu modem nyala, ada dua kemungkinan, memang settingnya sudah benar (tidak dioprek) atau kembali ke setting default/ACS (ini karena sebelumnya pernah di pencet tombol reset pada lobang kecil di belakang modem).

      Jika kondisi yang kedua yang benar, maka harus dilakukan setting ulang, dengan sebelumnya persiapkan User dan Password Speedy nya terlebih dulu.

      Jika Kondisi 1 yang benar, maka coba lakukan test ke DNS nya Telkom (misal 202.134.0.155) dan pastikan hasilnya tidak RTO.Kemudian lakukan test ping ke www.google.com, Jika hasilnya RTO , cobalah ping ke google tapi dengan nomer IP addressnya misalnya : 74.125.26.104 , jika hasilnya RTO juga, coba cek settingan IP anda atau DNS anda di komputer, paling gampang anda setting Obtain saja.

      Jika masih bermasalah, coba tidak usah lewat Wifi, langsung saja pakai kabel dari modem ke laptop/PC. lakukan langkah langkah diatas.

      Silahkan dicoba.

      Delete
  11. sdah ane cba smua langkh nya
    smpe ane setting ulang modem
    tpi masih blum konek ke inet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek berapa IP Address yg di dapat di Modem (menu status), saya bisa bantu cek dari IP Addresnya tersebut statusnya, jika belum dimatikan saat ini. Atau nomer Speedy nya berapa, kalau takut di publis, silahkan Japri ke helpdesk.speedypalu@gmail.com

      Delete
  12. Selamat sore mas,

    maaf saya nanya mas, Wifi saya ada sedikit masalah, kenapa yah lampu LAN nya g nyala? Yg biasanya lampu LAN wifi saya nyala walaupun kondisi komputer mati, tp tiba2 saja g nyala gitu.... Udh di pindahin ke laptop lain sempat nyala, cman pas dicoba dihubungkan dgn Laptop teman saya malah tetep g bs....

    Itu kira2 apa yg salah yah?
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel LAN hanya menyala jika dan hanya jika kabel modem dicolokkan ke LAN Card Komputer atau laptop, dan status dari LAN Card di komputer atau laptop dalam kondisi Enablle. Jika kedua syarat itu nggak terpenuhi , maka tidak akan nyala, kecuali modemnya rusak.
      Kalau pakai laptop, untuk apa pakai kabel LAN, mendingan pakai wifi saja.

      Delete
  13. gan, tanya donk..sy baru pasang speedy, kisaran 1 jam saya pake oke ga masalah. eh taunya pas teknisi pulang tuh speedy ga mau browsing. sy cek lampu indikator di modem ZTE, power ok, dsl kedap kedip, internet mati, ethernet nyala, wireless nyala. tks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faktor utama yang menentukan Speedy adalah lampu dsl. Jika lampu ini kedip kedip artinya koneksi fisik dari modem ke jaringan telkom terputus. Untuk langkah lokalisirnya , silahkan cek dan pastikan bahwa rangkaian kabel di dalam rumah sudah benar, tidak ada paralel sebelum melalui splitter/filter, dan kalau di rumah ada pesawat telepon, pastikan ada bunyi tone telepon nya. Tanpa syarat itu terpenuhi. Jika tone tidak ada, silahkan laporkan ke 147 atau kalau dari hp 031147 di menu 3 gangguan telepon. Jangan menu 2, karena kalau menu 2 maka yg datang petugas gangguan speedy dan mereka tidak punya kemampuan untuk lokalisir fisik jaringan luar.

      Delete
  14. Replies
    1. Lupa password modem ? satu satunya jalan adalah melakukan reset modem (pencet lobang kecil dibelakang modem selama misalnya 8 detik). Tetapi hal ini hanya boleh dan bisa dilakukan oleh orang yang berwenang. Siapa orang yang berwenang itu ?
      Pertama adalah orang yang memang memiliki speedy , bukan peminjam atau tetangga atau orang iseng yang ingin mengetahui seluk beluk modem tersebut. Dengan ketentuan ini terpenuhi, maka dia yang reset modem akan menyiapkan nomer Speedy dan Password Speedy nya untuk diseting kembali setelah modem direset.
      Kedua adalah orang yang diberi tugas untuk perbaikan gangguan (Petugas dari Telkom).

      Jika selain kedua orang tersebut melakukan reset modem, maka dijamin akan ada masalah. Misalnya setelah reset malah nggak bisa konek internetnya karena tidak tahu password speedynya.

      Delete
  15. Gan,mau tanya..

    saya punya masalah yang cukup menyebalkan pd speedy saya,sy menggunakan Modem TP LINK..

    Masalahnya begini :

    Ketika saya mencoba menyambungkan gadget2 saya ke wifi,tiba2 konektifitas internet putus&semua lampu indikator di modem menjadi redup,lalu saya matikan&nyalakan,lampu kembali cerah..

    dan sy mencoba menyambungkan gadget2 sy lg,masalah yg sama pun terulang,seakan2 modem menolak ketika sy menymbungkan ke wifi..sy sudah mencoba tlpn mekaniknya,mereka pun datang..dan akhirnya modem di ganti masalah pun selesai dan baru 24jm berselang,masalah yang sama pun terulang lagi,dan sy ganti modem lagi dan dengan jangka waktu yang sama 24 jm,msalah terulang lagi..skrg saya binggung apa yg harus sy lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih atas kunjungan anda di blog kami.
      Apakah modem yang anda pakai TP Link model body lengkung seperti kura kura ?
      Apakah SSID yang muncul lebih dari 1 ?
      Kalau iya, cobalah minta ke petugasnya untuk diganti modem yang single SSID. Ada indikasi modem ini cepat panas, dan karena SSID lebih dari 1, kerja processor menjadi lebih berat.

      Kalau tidak sabar menunggu petugas, barangkali bisa googling mencari cara bagimana mengembalikan modem menjadi Single SSID.

      Tks. semoga berhasil

      Delete
  16. gan, mau tanya tentang ZTE, apabila lampu WLAN tidak menyala dan wifi tidak dapat ditemukan apakah rusak modem nya? tapi internet masih dapat digunakan di PC induk, hanya wifi nya tidak menyala. mohon solusinya gan. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek setting wifi nya. Caranya melalui koneksi kabel LAN, ketik 192.168.1.1 username password standart kalau belum pernah diubah. Lalu coba teliti settingan interface Wifinya. cek satu persatu parameter kenapa wifinya tidak dapat ditemukan, apakah tersetting tidak broadcast ? lalu setelah yakin settingan sudah benar, simpan dan via menu Maintenance klik sysrestart.

      Delete
  17. gan..
    udah 2 hari ga bisa connect ke internet pake modem Tp-link TD-w8951nd pas ada ujan deras..
    di coba masuk ke settingan modem 192.168.1.1 ga bisa sama skali konek..di coba reset juga ga bisa..lampu modem semua nyala kcuali datanya.
    modemnya ni baru di ganti dari yg merk sanex beberapa bulan lalu..
    mohon bantuannya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya kalau modem masih normal, setelah dipencet tombol reset selama 8 detik, bisa diakses dengan menggunakan kabel LAN dengan alamat 192.168.1.1 Jika tidak bisa, maka ada kemungkinan modem rusak. silahkan lapor ke 147 atau 031147 jika dari HP, agar ada petugas melakukan pengecekan benar tidaknya terjadinya kerusakan. Selama berlangganan modem dipinjami oleh Telkom, jika rusak diganti tanpa biaya.

      Delete
  18. Mau tanya, kalau koneksi lewat kabel usb tidak ada masalah internet lancar, tetapi lewat wifi tidak bisa. Sebelumnya lancar-lancar saja, lalu tiba2 tidak bisa koneksi inter. Modem sudah direstrt dan sudah dimatikan hidup lagi, tetap tidak bisa, apakah perlu direset dan disettingulang? Apakah itu modemnya yg rusak? Namun dari indikator, semua nyala dan lampu wifi juga kedip2 kalau ada koneksi masuk, tetapi tetap tidak bisa untuk berinternet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek setting wifi nya. Caranya melalui koneksi kabel LAN, ketik 192.168.1.1 username password standart kalau belum pernah diubah. Lalu coba teliti settingan interface Wifinya. cek satu persatu parameter kenapa wifinya tidak dapat ditemukan, apakah tersetting tidak broadcast ? lalu setelah yakin settingan sudah benar, simpan dan via menu Maintenance klik sysrestart.

      Delete
  19. Permisi bos mau tanya, sudah 3 hari ini internet saya tidak bisa konek..
    indikator lampu dsl'nya cuma kedap kedip...
    setelah saya panggil teknisi speednya, kata dia jaringan ok, tapi modem yang saya pakai sudah lemah (padahal baru 1 bulan) setelah itu saya disarankan tukar dengan modem speedy yang baru, keesokan harinya modem yang lama itu saya tukar dengan yang baru,, dan di hari yang sama juga saya coba dan alhasil indikator lampu dsl'nya nyala..
    tp karna blum diseting sm teknisi speednya jadi blum bisa konek...
    dan pas sorenya (di hari yang sama) teknisi datang eh malah indikator lampu dslnya gak nyala,,,, tetapi tetap di seting sm teknisinya....

    menurut analisis agan gmn nih?
    apa ini karna ada gangguan dari speedy atau karna kabel dsl saya yang mungkin sudah korosi... atau mungkin karna apa? saya bingung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampu dsl nyala, jika modem dalam kondisi baik, saluran memenuhi spek teknis, serta port DSLAM baik, tidak ada paralel di saluran teleponnya (kalau mau paralel setelah splitter boleh). Dalam kasus anda, jaringan sudah dijamin bagus oleh teknisi (pastikan tidak ada suara kemerosok dan tone tidak kecil). Modem sudah ditukar dengan yang baru. Jika di rumah anda dipastikan tidak ada paralel, berarti tinggal satu lagi yang harus dipastikan, yaitu port DSLAM. Mintalah kepada teknisi untuk melakukan test port DSLAM di lokasi MDF Telkom. Dan jika bisa browsing maka perlu ditest minimal 30 menit tidak putus. Jika di lokasi MDF dsl juga tidak nyala atau tidak stabil, maka dipastikan portnya yang rusak. Jika di lokasi MDF stabil, maka kemungkinan Jaringannya yang jelek, mungkin ada sambungan yang sangat sensitif dengan suhu/panas/hujan, misalnya karena sudah karatan atau jamuran sehingga pada saat kondisi tertentu lampu dsl bisa nyala, dan pada kondisi lain lampu dsl mati. Demikian analisis saya, semoga bisa membantu. Maaf kalau telat jawab. Trimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  20. kalo boleh tau ,, knp laptop di rumah sy bisa conect, sedangkan iPhone gak bisa,, mohon perhatiannya,, soalnya sudah mau jalan sebulan kejadiannya. Terimakasih.

    ReplyDelete
  21. Maaf , saya sampaikan jawaban dari expert modem. Jika mampu melakukan, silahkan dicoba. Jika tidak mampu, silahkan hubungi 147. Berikut tahapannya (maaf tanpa gambar) :
    Untuk case TBB di gadget karena chanel lock di chanel 13
    1. Pastikan setter atau pelanggan mengetahui user / password Speedy pelanggan (122xxxxxxxxx@telkom.net) sebelum melakukan HARDRESET.
    2. Lakukan HARDRESET modem pelanggan supaya kembali ke setingan default
    3. Masuk ke http://192.168.1.1 seperti biasa
    4. Masukkan username admin dan pasword admin
    5. Setting ulang modem seperti biasa
    6. Setelah selesai coba browsing di PC dan gadget pelanggan
    7. Untuk keamanan selanjutnya supaya gangguan seperti ini tidak terjadi (Gangguan TBB di Gadget)
    8. Masuk kembali ke modem seperti biasa (ulangi Point  #2 dan Point  #3)
    9. Selanjutnya klik interface setup pilih LAN dan untuk DNS Relay gunakan Use Auto Discovered DNS Server Only selanjutnya untuk menyimpan klik Save. Seperti gambar 1
     
    10. Selanjutnya klik interface setup kembali pilih wireless kemudian seting chanel di chanel 01, 06 atau 11  jangan pilih yang auto untuk menghindari pemilihan chanel 13 (sesuai info dari TPLINK Indonesia) dan jangan lupa klik save di bagian paling bawah sesuai gambar 2.
     
    11. Selanjutnya untuk menghindari tangan-tangan jahil kembali masuk ke menu Maintenace klik Administrator dan ganti pasword untuk akses ke modem jangan yang standar lagi (admin//admin), (support//support) atau (user//user).  Mohon diganti misalnya dengan nomer tumpangan atau yang lainnya supaya ada keunikan tersendiri sehingga lebih aman dari tangan-tangan jahil. Jangan lupa untuk klik save setalah mengganti password modem

    ReplyDelete
    Replies
    1. pencerahannya please..sy udah pasang speedy skitar hampir 1tahun dirmh,..wkt awal pmasangan speedy sy pake modem bawaan dr speedy tipe TD-W8151N,..ga sampe 1bulan sy ganti modem tipe Tp-link TD-w8951nd 4port LAN,..dgn maksud agar bs nge LAN,..& hasilnya lancar bin lempeng,..nah permasalahan muncul di Wifi nya..
      stiap kali sy aktifkan wireless modem nya,dalam hitungan menit koneksi langsung putus tiba2..bs dibilang modem ngrestart sndiri..&dr awal sy beli itu modem permasalahannya udah ada & blm ada pencerahannya..
      settingan apanya yg hrs dibenerin..??

      padahal maskud sy pasang speedy supaya bs Wifi-an di lingkup kluarga
      tp dgn adanya permasalahan sy diatas jd amat sangat2 mengganggu bwt akses internet yg tiap bbrapa menit modem slalu putus tiba2..
      mohon solusinya...

      Delete
    2. Ada beberapa kemungkinan kenapa setiap kali diaktifkan wireless modemnya dalam hitungan menit koneksi tibatiba putus.
      Kemungkinan pertama, ada interferensi oleh Acces point lain, hal ini bisa saja karena kebetulan pemilihan channelnya sama, atau channelnya automatic shg jika pas sama akan interferensi. Solusinya, coba lakukan customisasi pada pemilihan channel. pilihlah channel yg belum ada pemakainya dilokasi itu. Untuk tahu ini, maka searching lah sinyal sinyal hotspot/wifi yg ada, dan cek masing masing channel berapa. Jika sudah pasti nggak ada yg pakai maka pilihlah. Channel ini antara 1 s/d 11
      Kemungkinan kedua, Firmware nya bermasalah, mungkin ada salah satu file yang rusak atau corrupt. Untuk masalah ini, solusinya anda bisa searching untuk mencari Firmware baru , misalnya cari aja di web supportnya dari merek modem tersebut di internet, lalu download dan lakukan inject Firmware yang baru. dan coba setting ulang modem anda. Tapi ingat, user dan password speedy anda harus disiapkan dulu sebelum melakukan hard reset atau inject Firmware yang baru.
      Kemungkinan ketiga, ada kelainan hardware pada blok wirelessnya. Seandainya anda sudah menyadari permasalahan ini pada saat awal pembelian modem, ya seharusnya anda komplain ke tokonya, minta diganti. Tapi kalau sekarang sudah terlanjur lewat masa garansinya, ya mau gimana lagi, tidak bisa lagi klaim ke tokonya. Namun jika Modem bawaan dari Telkom masih anda simpan, kan masih bisa digunakan.Pakai aja yang itu. Jika Desktop anda lebih dari 1 dan butuh colokan/port LAN, tinggal beli aja HUB yang bisa sharing internet, ada pilihan 4, 8, bahkan 24 port juga ada.

      Delete
    3. thanks infonya,..sy coba ikutin dlu solusi yg dikasih diatas,..
      point yg ketiga,..sy udah komplain ke petugas speedy yg bagian setting modemnya,..karna sy beli modem TD-w8951nd dr orang speedy langsung.& yg menyetting modem petugasnya speedy itu sendiri.berhubung jengkel blm dpt solusi alhasil wifi lbh sering non aktif..

      sy coba goggling soal settingan modem,ada perbedaan settingan,bedanya di bagian settingan ISP..yg di goggling > PPPoA/PPPoE sedangkan settingan petugas > Bridge Mode,,selama dr awal beli modem ini sy blm pernah ngereset,..
      kalo cuma jalur LAN ga ada masalah tp kl udah wireless on baru lah mulai brmasalah.

      Delete
    4. Perbedaan PPPoA/PPPoE dengan Bridge, adalah ketika setting PPPoA/PPPoE maka username dan password speedy disetting di Modem, tapi pada setting Bridge maka username dan password speedy di setting di perangkat sesudah modem, bias computer atau router.

      Delete
  22. misi gan ana mau tanya ne
    speedy saya lampu internet dan adslnya tidak menyala saya telpon ke 147,setelah itu di cek,teknisi bilang speedy bagus dan saya lihat lampu adsl dan internetnya menyala, setelah teknisi pulang di komputer saya jadi gak bisa koneksi ke browsing sama sekali dan saya cek di komputer saya yang menggunakan windows seven ada tanda seru di bagian Lannya sementara di modem lampu tetap stabil tidak ada yang mati,saya ping ke 192.168.1.1 ada reply,tetapi saya ping ke google.com tidak bisa,saya pindahkan ke laptop juga tidak mau koneksi ke browsing,saya cek menggunakan hp wifi juga tidak terbaca padahal lampu wifi di modem hidup

    mohon pencerahanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu yang menjadi hak pelanggan adalah, pada saat ada petugas datang dan menyatakan Speedy bagus, maka pelanggan berhak disettingkan/dicobakan menggunakan komputer pelanggan/laptop pelanggan. Apakah petugas waktu ngetest Speedy dirumah pelanggan menggunakan laptop petugas atau sudah dicobakan ke komputer pelanggan? Kalau belum berarti belum tuntas, karena mungkin ada setting parameter di komputer atau Laptop yang belum diubah, misalnya adanya proxy di browser anda.

      pada saat ping ke 192.168.1.1 tembus, coba masuk ke setting modemnya, masuk ke menu status modem, cek apakah modem sudah memperoleh IP Publik, kalau belum, mungkin sedang gangguan massal.
      Kalau sudah ada IP publik nya, berarti ada kesalahan parameter di komputerlaptop anda. Misalnya Proxi. Jika masih ada lepaskan proxy nya.
      kemungkinan kedua adalah setting IP Lokal LAN anda. Coba cek apakah DHCP atau manual. Kalau ternyata manual, segera ubah ke DHCP, agar IP komputer anda selaras dengan IP pemberian dari Modem saja.

      Jika masih bingung ya tinggal call aja ke 147, bahwa perbaikan gangguan belum tuntas, minta didatangai lagi. Setelah datang, setting nya langsung di Komputer atau laptop anda saja.

      Delete
  23. misi gan ana mau tanya ne

    saya pakai windows seven dan pakai speedy tp link, di modem speedy saya lampu menyala semua mulai dari power internet adsl dan lan menyala semua,tetapi di komputer saya tidak bisa konek ke browsing, saya coba ping ke 192.168.1.1 ada reply,tetapi saya ping ke google.com tidak bisa padahal lampu di modem hidup semua dan saya tes ke laptop dengan hal yang sama juga tidak mau..

    sebelum ini modem saya tidak hidup lampu adsl dan internetnya saya lapor ke 147, setelah teknisi datang modem saya hidup semua setelah teknisi pulang saya malah dapat masalah yang diatas gan

    mohon pencerahnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika memang Speedy sudah konek, dan setting parameter di laptop atau komputer tidak ada yang salah, coba trik berikut ini : Pada saat mau koneksi ke internet, coba lakukan berurutan , Yang pertama hidupkan Modem Speedy sampai semua lampu (power, adsl, , data, wifi) menyala normal. Setelah itu baru colokkan kabel LAN dari Modem ke Komputer/laptop anda. Setelah itu nyalakan power komputer/laptop anda. Baru setelah itu cek koneksi/ping dan test browsing nya.

      Delete
  24. mau tanya .. apa sih contoh lokalisir itu???

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Oke saya jelaskan yah. Istilah lokalisir di sini yang kami maksud adalah penentuan lokasi/titik gangguan pada kasus internet Speedy tidak bisa browsing. Seperti anda ketahui, bahwa pada setiap orang yg berlangganan layanan intenet Speedy, tentu diperlukan jaringn fisik dari kantor Telkom ke komputer/laptop di rumah pelanggan, dn ada ruas-ruas/segment jaringan yaitu dibagi dua, di luar rumah pelanggan yg menjadi tanggung jawab Telkom dan di dalam rumah pelanggan yg menjadi tanggungjawab pelanggan. Penentuan titik gangguan yg cepat, maka akan mempercepat tersolusinya gangguan itu. Tks

      Delete
  25. mengapa lampu USB di modem tidak menyala, modem saya ZTE, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti mobil ada dashboard, dan beberapa lampu indikator agar pengemudi bisa mengetahui status mobil. Demikian juga Modem ada beberapa lampu indikator agar user bisa mengetahui status modem pada saat koneksi. Lampu indikator utama pada modem adalah : power, dsl/link, data/internet. Lampu lampu seperti LAN, USB, WIFI adalah lampu optional, bisa nyala bisa tidak, tergantung dari aktivitas user atau setting parameternya. Untuk Lampu USB dan LAN, hanya akan menyala pada saat ada Komputer/Laptop yang terhubung ke modem melalui kabel LAN atau USB. Jadi kalau anda akses internetnya pakai WIFI, tanpa ada kabel yg nyolok ke LAN atau USB, tidak usah khawatir kalau lampu LAN dan USB tidak menyala.

      Delete
  26. Malam gan,
    Ane punya masalah dengan modem tp link,setelah di reset dan setting ulang lampu indikator menyala semua kecuali indikator inet nya,mohon penverahan gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah setting modem, dan lampu inet-nya belum nyala, berarti ada kesalahan setting modem. Yang perlu jadi perhatian pada saat setting modem antara lain : VPI/VCI, username dan password Speedynya. Untuk VPI/VCI tidak selalu 8/81, itu tergantung dari merk perangkat akses (DSLAM/MSAN) yang digunakan Telkom di daerah anda. Ada yang 8/81, ada yang 0/34, ada yg lain lagi. Biasanya Teknisi Telkom setempat lebih paham. Untuk username dan password Speedy, juga jangan ada kesalahan, misalnya antara o, O, dan 0. ketiganya kan mirip, bisa huruf o kecil, huruf O besar atau angka 0. Juga antara l, i , I, 1, yang pertama saya pencet huruf l(el) kecil, yang kedua saya pencet huruf i kecil dan yang ketiga saya pencet huruf i besar, yang terakhir saya pencet angka 1. Jadi harus dipastikan semua karakter harus benar.
      Tks atas kunjungannya.

      Delete
  27. bang mau tanya,kan speedy saya cuman 1 nah 1 speedy itu 2 pc,jadi yg 1 pc kakak saya internetnya nyala,sedangkan di pc saya mati nyala mati nyala terus,tapi kakak saya tidak mati nyala mati nyala,itu haru di apain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, yg saya tahu, Jika modem nya Wireless, maka hanya ada 1 colokan kabel ke 1 PC. Kalau modem anda Combo, ada dua colokan kabel ke PC, yg 1 pakai RJ45, satunya pakai kabel USB. Jadi 1 modem ke dua PC tentu saja pakai jalur yang berbeda. Kecuali anda menambahkan HUB, maka konfigurasi fisik dari kedua PC kemungkinan mirip. Jika kondisinya tidak pakai HUB, maka ada kemungkinan jalur kabel atau colokan yang menuju ke PC anda yg kurang bagus. Untuk memastikannya, coba ditukar dulu antara PC anda dengan kakak anda, nanti akan ketahuan yg rusak itu ada di segment mana: colokan modem (RJ45, USB) atau kabel (kabel anda) atau colokan di komputer anda.
      Kalau anda memakai opsi yg kedua, keduanya pakai kabel RJ45 dengan HUB, maka tinggal di cari saja colokan HUB yg kosong, pindahkan kabel anda. kalau masih tetap putus putus, berarti kerusakan di kabel anda atau PC anda, mungkin juga LAN Card nya.

      Delete
  28. Mau nnya donk kk....lampu di modem sya normal semua, tapi g bsa browsing. Klo pake wifi bisa. Browsing g bsa wifi bisa....masalah nya apa y kk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya perjelas pertanyaannya ya, gak bisa browsingnya apakah kalau pakai kabel dari modem ke laptop/PC? Normal browsingnya yg jika pakai wifi, itu di lokasi rumah anda atau di tempat lain ? Saya asumsikan di rumah anda ya. Jika melihat lampu modemnya normal semua, dan akses wifinya normal, itu artinya setting modem dan koneksi Speedy normal dan bisa dipakai. Tidak bisa browsing jika pakai kabel, maka ada setting yang belum benar di PC/Laptop anda. Beberapa kemungkinan yang menyebabkan tidak bisa browsing jika pakai kabel antara lain : 1. Kabel UTP nya bermasalah, ada urat yang putus.
      2. Roset RJ-45 kancingnya patah, sehingga tidak nyolok sempurna ke port LAN, baik disisi modem maupun disisi laptop/PC.
      3. Coba cek lampu LAN di Modem dan lampu indikator LAN di Laptop/PC, apakah normal atau tidak.
      4. Kalau koneksi fisik sudah benar dan sempurna, coba cek setting IP di laptop/PC melalui menu LAN Properties. Pastikan ceklist nya di posisi Obtain, karena default modem sudah DHCP, jadi IP client di PC/laptop tidak perlu di setting. Jika laptop anda pernah dipakai di kantor yang pakai kabel dan IP nya disetting manual, maka lepaskan/hapus settingan IP itu sehingga kosong.
      5. Pastikan juga tidak ada setting proxy di PC/Laptop anda. Jika laptop anda pernah dipakai dikantor yg pakai proxy, maka lepaskan settingan proxynya.
      6. Coba test ping dari laptop/pc ke modem dengan ketik : ping 192.168.1.1 dari menu Command prompt. Jika tembus maka akan ada Reply, jika RTO (Request Time Out) maka lakukan pengecekan lagi mulai dari langkah 1.

      Semoga berhasil.

      Delete
  29. cara nonaktifkan wlannya gimana?

    ReplyDelete
  30. bisa ga modem zte ini jadiin kyak speedy biasa? dan gimana menonaktifkan wlannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hafiz Novendra : gampang, masuk aja di setting modem melalui 192.168.1.1, klik menu interface setup, wireless, access point setting, pilih ption Deacivated, klik save, restart. Tunggu sampai modem hidup kembali....Setelah disetting ini, akses internet hanya bisa dilakukan melalui kabel UTP.
      Selamat menoba. Trimakasih atas kunjungannya

      Delete
    2. maaf gan mw tanya, pada interface setup widak ada pilihan wirelessnya tpi stelah z sysrestart wirelessnya muncul kembali, tpi tdk bisa diakses...gimana tuh???
      ipnya jg awalnya 192.168.1.254 bukan 192.168.1.1 spt yg agan tulis...nanti z ganti sendiri bru mw...bru wirelessnya ga bsa dipake..hanya bisa lan sj...gimana solusinya..????

      Delete
    3. Tidak semua modem memiliki alamat web untuk setting 192.168.1.1, itu tergantung dari pabriknya, mau di set ke alamat berapa, dan itu ada petunjuknya di buku manualnya. Yg saya contohkan adalah merek ZTE kebetulan alamatnya 192.168.1.1 . Setelah ada menu wirelessnya, untuk bisa diakses, harus diaktifkan dan di setting parameternya. tanpa melakukan itu, maka tidak akan bisa diakses. Untuk detailnya silahkan baca artikel Cara setting modem wifi merk zte di blog ini.

      Delete
  31. Gan, lampu indikator internet saya warna merah. Sedangkan lampu indikator yg lainnya warna hijau. kecuali ethernet yg selalu ga pernah nyala.Jadi ga bisa nyambung ke internet. Padahal saya ga pernah pencet tombol reset. Gimana ya solusinya biar bisa nyambung Internet lagi???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampu ethernet tidak akan pernah nyala kalau tidak ada kabel yang menghubungkan colokan ethernet ke laptop atau komputer, jadi itu 100% normal.
      Lampu indikator internet (untuk modem merk zte) jika normal berwarna hijau. Jika kondisi tidak normal, maka berwarna merah. Penyebabnya antara lain, jika lampu DSL/link berwarna hijau, maka ada kemungkinan , pertama menunggak bayar tagihan (biasanya awal bulan), kedua modem habis di reset, ketiga pelanggan baru saja mengganti password speedy melalui web www.telkomspeedy.com dan belum melakukan seting ulang di modemnya, ketiga sedang ada gangguan massal. Jika sebelumnya tidak melakukan apa-apa terhadap modem anda, dan anda tidak telat bayar, ada kemungkinan adalah karena gangguan massal. Untuk memastikan, coba tanya ke tetangga yang sama-sama pakai speedy, apakah juga mati, kalau iya, berarti memang sedang terjadi gamas (gangguan massal).

      Delete
  32. makasih infonya sangat bermanfaat... (^.^)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mohammad Afif Fachruddin : trimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  33. Mau tanya nih pak admin.
    ini di modem indikator lampu wifi menyala..
    tapi sinyal wifi gag terdeteksi
    saya cek di settingan nya masih tetep gag ada yang berubah.
    itu kenapa y ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek di settingan wireless, pada option SSID nya di broadcast atau tidak. ? kalau tidak, ya pasti sinyal wifi gak terdeteksi.
      Jika sudah dibroadcast, tapi tetep tidak terdeteksi, coba cek pengaturan Channelnya, apakah otomatis atau manual/statis. Jika otomatis, apakah dia berada di channel 13, jika ya, berarti laptop/gadget anda tidak support ke channel itu. solusinya ganti aja pemilihan channel wifi secara statis, pilih channel 1 sampai maksimal 11.

      Delete
  34. gan mau nanya nih, modem saya akhir2 ini sering mati lampu internetnya, kalo hidup itu nggak sampe 5 menit mati lagi, pas lampu internet mati, lampu dsl kedip2 mulu, udh coba nelpon 147 katanya bakal ada teknisi datang tapi gak pernah2, terima kasih sebelumnya ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. urutan timing koneksi speedy sejak modem dihidupkan adalah : Power-On -> Test lampu led, semua lampu nyala -> lampu led selain Power mati -> Lampu DSL kedip-kedip (hanshaking), lampu wifi nyala -> lampu DSL Stabil (koneksi ke DSLAM berhasil) -> lampu internet mulai nyala. Jika kedip2, berarti ada aliran data.
      Kesimpulannya, lampu internet akan menyala, jika dan hanya jika lampu DSL nyala stabil. Jika lampu DSL mati/kedip2 lagi, maka itu terjadi putus koneksi ke DSLAM dan hanshaking lagi. Kestabilan koneksi antara modem ke DSLAM, sangat dipengaruhi oleh kualitas jaringan dan jarak antara rumah pelanggan ke sentral/DSLAM. Kalau nggak sampai 5 menit sudah putus, coba di cek, berapa jarak rumah anda ke kantor telkom atau sentral speedy , jika lebih dari 4 Km, maka ada kemungkinan karena jarak, Jika kurang dari 4 km tapi anda mengalami ini, maka kemungkinan karena ada sambungan yang tidak sesuai spek pada beberapa segmen yang dilalui , mulai dari kabel primer, RK, kabel sekunder , DP, kabel DW, KTB, kabel pvc, dan roset . Mungkin juga kerusakan ada di instalasi rumah pelanggan, misalnya rosetnya berkarat/jamuran. dan masih banyak kemungkinannya. Seharusnya teknisi yg bisa melakukan lokalisir , sisi gangguannya di sebelah mana.

      Delete
  35. gan numpang nanya nih, lampu internet saya sering mati akhir2 ini, kalo hidup paling cuma 5 menit kemudian mati lagi, waktu internet mati, lampu dsl kedip2 mulu, kenapa bisa gitu ya? terima kasih sebelumnya ^.^

    ReplyDelete
  36. gan Kenapa ya modem saya cepat panas dan ketika panas buat bermain PB lag ?macet" tolong dong di BALES !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang macenya itu sudah dapat dipastikan karena panas? ya anda harus mengeliminasi penyebab tersebut. Kalau mau tetep pakai modem itu, coba tambahkan usaha-usaha untuk mengurangi panasnya, misalnya dengan penempatan modem di tempat yang sirkulasi udaranya lancar, dibantu dengan kipas angin untuk menyerap/mendorong udara panas dari modem, atau coba lihat cara modifikasi pendinginan modem dengan penambahan plat pendingin (tapi ini khusus modem pribadi loh, karena kalau modem telkom tidak boleh dioprek, kalau rusak tidak bisa diganti). Kalau masih belum sembuh ya sebaiknya cari referensi modem branded yang tahan panas, dan beli sendiri agar main PB nya lebih enjoy. Tks ya atas kunjungannya, maaf lho kalau jawabnya terlambat, soalnya baru sempat....

      Delete
  37. gan cara biar koneksinya cepat gimana ya?, rata rata kecepatan speedy saya 40kb/s, apa ada paket khusus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, yang dimaksud kecepatan speedy anda 40 kb/s itu pada saat apa? apakah pada saat download file? Coba di cek lagi, mungkin anda salah lihat. Yang benar adalah 40 kB/s atau 40 kilo bytes per second. Pada saat download, kecepatan yg diukur adalah kecepatan aliran data. Satuan data adalah byte (coba lihat di Folder komputer anda, maka semua file anda satuannya menggunakan byte dan kelipatannya, kilo, mega, giga). Ukuran 1 byte sama dengan 8 bit. Jadi kalau anda download dengan kecepatan 40 kB/s itu setara dengan 320 kbps (kbps, kilo bits per second, adalah ukuran kecepatan aliran bit pada saluran transmisi). Kemungkinan Speedy anda adalah paket 384 kbps (socialia). Kenapa tidak sampai maksimal 384 kbps? itu banyak sekali yang mempengaruhi, diantaranya, lokasi file yang anda download mungkin berada di tempat yang jauh dan melalui hope-hope atau span-span atau route-route yang padat trafik datanya. Kalau mau tau route yang dilalui coba dari command prompt silahkan ketik tracert ke alamat ip yang dituju. Jika anda ingin kecepatan speedy lebih tinggi, silahkan pindah ke paket yang lebih bagus, misalnya ke paket 1M. Toh harga speedy sekarang tidak mahal. Tks atas kunjungannya.

      Delete
  38. Maaf gan bagi pengetahuannya ^_^
    saya mempunyai problem koneksi speedy saya untuk LAN itu lancar jaya tapi wifinya tidak mau konek ke laptop dan lampunya juga hidup ,tapi itu bukan laptopnya karena saya udh coba.
    terima kasih sebelumnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk case seperti ini, ada beberapa kemungkinan.
      Pertama, coba searching sinyalnya, apakah bisa dideteksi oleh laptop atau tidak SSID dari modem. Kalau bisa coba masukkan password dengan benar, jangan-jangan laptop tidak bisa konek ke wifi itu karena passwordnya belum betul. Coba cek di menu setting modem, pada Interface setup, buka menu Wireless. Pastikan penulisan password nya yang dimasukkan di laptop sama dengan yg tertulis di menu ini.
      Jika searching sinyal SSID dari modem tidak bisa terdeteksi oleh Laptop, coba cek di menu Wireless di setting modem, apakah SSID nya di broadcast atau tidak. Kalau di posisi No, maka ubahlah menjadi Yes. Lalu kalau masih tidak terdeteksi, coba cek di Channel yang sedang aktif/dipancarkan oleh Wifi Modem, apakah channelnya pada posisi lebih dari 11? kalau iya, coba pindahkan manual ke channel di bawah 11. Hal ini terkadang terjadi bahwa modem2 baru memancarkan channel lebih dari 11, sementara perangkat wifi laptop yang ada yg maksimal channel 11. Semoga berhasil.

      Delete
  39. Mas speesy.. Mau nanya nih. Saya pengguna speedy ZTE, yg mau sya tanyain ko lampu indikator internetnya warna merah? Harusnyakan kuning? terus padahal saya udah bayar tagihan telkom.? Mohon penjelasanya? Trimksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika lampu internet warna merah, ada beberapa kemungkinan.
      1. Pernah menunggak pembayaran sampai lewat bulan, dan Tagihan belum terbayar (nunggak). Atau kalau sudah terbayar, di server belum refresh. Untuk case ini (sudah bayar tapi masih isolir) silahkan komplain di 147.
      2. Jika tidak pernah menunggak, tibatiba lampu internet warna merah, ada kemungkinan gangguan massal di lokasi anda. Ini bisa dikomparasi dengan Speedy yang ada di tetangga rumah anda, apakah sama2 gangguan atau tidak. Kalau sama2 gangguan berarti benar gangguan masal, kalau tidak terganggu, dan hanya anda sendiri yg terganggu maka bukan gangguan masal penyebabnya.
      3. Kemungkinan berikutnya, anda baru saja melakukan perubahan password speedy di www.telkomspeedy.com dan belum melakukan update password di sisi setting modem anda. Coba ingat-ingat apakah ini pernah anda lakukan,
      4. Kemungkinan berikutnya, adalah anda atau saudara anda atau siapa aja yg disitu yg merasa tidak bisa akses internet kemudian melakukan reset (pencet tombol kecil di belakang modem) sehingga seolaholah modem anda belum terseting, dan kembali ke status default pabrik.
      Itu beberapa kemungkinannya.

      Delete
  40. bos, mau nanya, akhir2 ini kok modem wifi zte saya bermasalah di sinyal wifi-nya. sebelumnya tuh sinyalnya bisa full sampe 10 meter walau kehalang ama tembok. tapi sekarang kok cuma dapet 1 strip di laptop. itupun laptopnya udah di deket modem. kalo laptopnya dijauhin sekitar 2-3 meter, sinyal wifi di laptop langsung ilang. terus juga, kalo misalnya konek lewat wifi di laptop, pasti setiap 3 menit koneksinya di putus dan sinyalnya langsung ilang. biar sinyalnya bisa kedetek ama laptop, modemnya harus di matiin terus idupin lagi. baru bisa dikonekin.

    modemnya udah pernah tak reset, tak coba ganti channel jadi channel 11, terus pernah tk coba ngubah channel bandwithnya jadi 40 mhz, pernah juga modem wifinya tempatnya tak pindah karena mungkin ada interferensi dari perangkat elektronik lain. tapi tetep sama aja. sinyal wifi di laptop tetep poor ( cuma dapet 1 strip ) walau jarak laptop ama modem wifinya cuma 1 cm.....

    apa jangan2 modem wifi speedy saya sudah rusak ya ? padahal baru 2 bulan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba laptopnya di cek di lokasi Wifi lain, misalnya di tetangga yg punya Speedy, atau di lokasi Publik yang ada wifi.id nya, apakah gejala itu tidak terjadi di laptop anda? Kalau di tempat lain normal, berarti masalah memang ada di modem, Kalau di lokasi lain anda mengalami masalah serupa, berarti laptop anda bermasalah pada modul wifi nya. Jika memang masalah ada di modem, coba cek lagi di parameter setting modem, apakah ada menu pengaturan power ? kalau nggak ada, paling gampang tinggal lapor saja ke 147 untuk komplain modemnya rusak, Kebijakan sampai dengan saat ini, semua pelanggan Speedy, modemnya masih dipinjami, Kalau rusak diganti oleh telkom. Dengan catatan modemnya dalam kondisi utuh tidak dioprek, segel masih ada, dan serial numbernya dan mac addressnya terdaftar di telkom. Lebih valid lagi kalau ada label Speedy atau ada tulisan Milik Telkom, tidak diperjualbelikan,

      Delete
  41. GAn, mw nanya nih..knapa speedy sya wifinya bisa nyambung. tp k kompi tdk bs trus lampu lan yang di modem g nyala..crtanya waktu tu gr2 ada hujan petir ..mohon bantuannya gan..tQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indikasi bahwa hubungan antara modem dengan komputer dengan kabel LAN sudah konek adalah salah satu nya lampu LAN di Modem menyala (stabil atau kedip pada saat ada data mengalir). Jika lampu LAN di modem gak nyala artinya koneksi fisiknya tidak terjadi. Coba cek apakah RJ45 di kedua sisi baik di modem maupun komputer sudah nyolok sempurna sampai bunyi klik atau belum. Kalau tidak bunyi klik, coba cek apakah kancingnya sudah patah? kalau patah ada kemungkinan soketnya tidak nyolok sempurna, coba ganti dengan kabel LAN yang lain.
      JIka kedua colokan masih bagus dan sudah bunyi klik, coba cek parameter lain. Pertama cek di komputer , menu setting, Network, apakah status LAN cardnya enable atau disable? kalau statusnya disable, coba di enable kan dan lihat lampu LED di modem dan komputer apakah sudah menyala atau belum. Kalau sudah menyala seharusnya sudah bisa.
      Jika status sudah Enable tapi lampu LED belum juga menyala, ada kemungkinan bahwa yang rusak adalah LAN Card di Komputer anda. Apalagi ada history sebelumnya normal , dan setelah ada petir jadi terganggu.
      Sebelum diputuskan untuk membeli LAN Card baru, coba cek dulu apakah fungsi LAN di Modem masih berfungsi, caranya dengan menggunakan Laptop, jangan pakai wifi akses internetnya, tapi dicoba pakai kabel LAN. Jika normal bisa akses berarti port LAN dari modem masih normal. yang rusak pasti LAN card di komputer.
      Semoga bisa membantu

      Delete
    2. tQ ats tggapany gan..

      semua yg agan blg di ats sdh sy coba smuanya..spertiny LAN card(cek melalui device manager> this device still working properly)) dan kabel RJ45(sy hub antara laptop dgn laptop maupun laptop dgn kompi) sy msh berfungsi dgn baik. cara dengan menggunakan Laptop, jangan pakai wifi akses internetnya, tapi dicoba pakai kabel LAN jg udh sy coba gan tp ttp aj lampu led di modem maupun laptop kagak nyala..
      jd bingung sy gan slhnya kira2 dmn y..apakah port modem LANnya yg rusak?
      solusi ny gmn y Gan ..TQ

      Delete
    3. Sepertinya Port LAN Modem suspect rusak. Untuk memastikannya, silahkan lapor ke 147 agar didatangi petugas, kalau dari HP 031147, dan dicoba pakai modem lain. Untuk lebih memastikan saja. Kalau memang modemnya sudah rusak, maka akan diganti dengan tanpa biaya, syaratnya, modem yg rusak adalah benar modem milik telkom (bukan modem pelanggan yg beli sendiri). Semua modem milik telkom sudah ada tandanya dan Mac Addresnya terdaftar di sistem data base nya telkom. Dan modem tidak dalam keadaan dibuka paksa (segel rusak). Tks atas kunjungannya.

      Delete
  42. slmat malam, mw tanya nih lampu indikator di bgian Internetnya sudah lancar dan bisa d pakai brwosing tapi tiba2 jadi warna merah dan mati kurang lbih 2mnitnya lampu indikator internet nyala normal lagi dan merah terus mati begitu terus berulang kali..
    Gimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menganalisis dari informasi yang anda sampaikan, saya bisa menduga, bahwa hubungan fisik dari rumah anda ke kantor telkom ada yang tidak normal.
      Coba perhatikan lagi, pada saat lampu internet merah, apakah lampu adsl mati/kedip-kedip? kalau Iya, artinya ada gangguan di saluran fisik dari rumah anda ke Telkom. Ingat dan perlu diketahui, bahwa lampu internet akan menyala normal jika dan hanya jika lampu adsl sudah menyala stabil.
      Beberapa kemungkinan dan solusinya antara lain :
      Pertama : Permasalahan bisa ringan jika masalah ada di segment rumah pelanggan. Beberapa kemungkinan gangguan yg ada di rumah pelanggan contohnya, ada paralel telepon di rumah, dan dilakukan sebelum melalui filter/splitter. Paralel bisa menyebabkan stabilitas koneksi terganggu, ketiga ada telepon masuk atau dipakai. Masalah lain yg ada di segment rumah pelanggan, yaitu Roset yang sudah berkarat/berjamur, ini mengakibatkan koneksi tidak stabil dikarenakan bad contact. Cara mudahnya, coba test tone telepon , angkat gagang telepon dan dengarkan apakah ada suara kresek-kresek ? atau suara kecil? atau normal saja?
      Kedua : Jika di dalam rumah sudah dipastikan bagus semua tidak ada masalah, maka kemungkinan masalah ada di segment Jaringan akses yang menghubungkan rumah anda ke perangkat telkom. Jika gangguan di segment ini yang bisa menyelesaikan ya petugas telkom. Anda tinggal lapor aja ke 147 dan sampaikan keluhan anda.
      Demikian semoga segera tersolusikan masalahnya, trimakasih atas kunjungan anda.

      Delete
  43. kalau wifi powernya aja yang hidup itu pun lampu powernya cuman berkedip kedip doang gimana ya??sms dong 085702042955

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dicurigai modemnya yang rusak, silahkan lapor ke 147 untuk dicek oleh petugas.

      Delete
  44. Saya mau tanya kemarin saya main dan internet speedy hidup ketika hujan lebat dan ªϑa̲̅ kilat n guntur kuat langsung tidak kenapa pada saat itu monitor dan cpu mati dan langsung restart dan setelah hidup lagi jaringan internet tidak ªϑa̲̅ solusinya gimana? Lampu ke 2 ke 3 dan ke 6 hidup. Θȋ̊ test misscall bisa masuk dan semua kabel okk sipp tidak masalah jadi gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika awalnya normal, setelah ada petir tidak normal, berarti ada perangkat yang kena imbas dari kekuatan petir tersebut. Nah sekarang tinggal mencari perangkat manakah yang rusak akibat petir tersebut. Ini harus dilakukan pengecekan tahap demi tahap.
      Pertama, sy masih belum paham lampu apa yg anda sebut nomer 2,3 dan 6. Padahal kalau anda merefer pada judul artikel ini, modem adsl merk zte yg saya tampilkan lampunya hanya 5 : power, dsl , internet, ethernet, wlan(wifi).
      Jika lampu kedua adalah dsl/adsl, berarti jaringan kabel dari rumah ke kantor telkom aman-aman dan normal.
      Jika lampu ke 3 adalah lampu internet/data, maka status koneksi speedy anda sebenarnya normal-normal saja.
      Lampu ke 6 saya belum bisa gambarkan. Anggaplah misalnya lampu wifi/wlan, maka modem tersebut masih memancarkan sinyal wifi.
      Untuk pengetesannya, coba anda akses menggunakan laptop atau smartphone dengan melalui wifi.
      Jika seting koneksi laptop/smartphone ke wifi sudah benar, harusnya bisa browsing.
      Sekarang cobalah telusuri kenapa PC anda tidak bisa akses.
      Pertama cek hubungan/koneksi dari PC ke Modem, caranya lakukan test ping dari PC ke Modem, (melalui command prompt ketikkan perintah : ping 192.168.1.1 ) . Jika ada Reply maka hubungan fisik normal, tapi jika Request Time Out, maka ada yang tidak normal. Kalau kabelnya bagus, dan memang awalnya bisa dipakai, ada kemungkinan suspect LAN Card nya yang terkena imbas petir, dan tidak berfungsi. Untuk menguji hipotesa itu, coba gunakan laptop anda untuk koneksi internet melalui kabel LAN. matikan wifi di laptop, dan hubungkan laptop dengan modem pakai kabel. setting dengan benar, pakai aja dhcp , tidak perlu setting ip statis, karena modem defaultnya dhcp.
      Jika laptop bisa browsing, berarti modem normal dan kesimpulannya LAN card di PC rusak dan harus diganti. Murah harganya, hanya sekitar 50 ribu saja di toko komputer.

      semoga bisa membantu. trimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  45. Saya selalu mengecek ping setiap hari, bahkan didiamkan CMD nya selama PC tetap hidup, disaat ping terdapat reply dari google (saya biasa ping kan ke google), tapi RTO juga banyak muncul tiap menitnya sampai-sampai dapat membuat game Online DC.Mohon bantuannya.
    Ini fotonya biar lebih jelas lagi https://scontent-b-sin.xx.fbcdn.net/hphotos-ash3/t1.0-9/q71/s480x480/1932381_304489903041603_1702210048_n.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Test ping, berfungsi untuk memeriksa konektivitas fisik dan logik dari komputer kita ke alamat ip yang kita tuju. Jika paket yg kita kirim RTO semua, maka kemungkinan konektifitas jaringan kita terputus di salah satu segment/ruas. JIka RTO nya sebagian, ada banyak faktor yang mempengaruhi, bisa fisik bisa juga logik. Test Ping yang kita lakukan dari komputer kita ke suatu alamat IP , misal google.com, maka akan melalui rute/ruas-ruas/hope jaringan yang rumit dan lebih dari 1 ruas. Kita bisa cek dengan command tracert, untuk memeriksa berapa hope yg dilalui. Ping yang hanya dilakukan hanya pada ruas end-to-end maka kita kekurangan data pada ruas mana sebenarnya yang penyebabkan RTO tersebut. Oleh karena itu, untuk lebih bisa menganalisis masalahnya, kita harus melakukan test ping pada semua ruas yg dilalui secara simultan, misalnya test ping dari PC ke Modem/hub tempat komputer kita terhubung, test ping dari PC ke BRAS, DNS, Gateway, dll, dengan alamat-alamat IP yang diperoleh pada test tracert tersebut.
      Indikasi RTO terkadang juga menunjukkan kepadatan trafik yang melalui pada satu atau lebih ruas/segment jaringan. Yang bisa menganalisis ini tentu dari pengelola jaringan tersebut. Hal ini bisa sisimpulkan jika semua pelanggan speedy di "lokasi" tersebut mengalami hal yang sama.
      Jenis pelanggan juga bisa menjadi faktor penyebab. Perlu diketahui, bahwa Telkom memiliki sekian banyak pelanggan dengan jenis yang berbeda, mulai dari reguler sampai yang premium. Yang reguler misalnya pelanggan speedy paket biasa. Yang menengah, misalnya pelanggan Speedy paket Gold, Yang premium misalnya pelanggan Astinet, VPN IP dan IP transit. Dari sekian jenis pelanggan ini memiliki derajat prioritas trafik untuk dilewatkan jika suatu segment jaringan mengalami kepadatan trafik. Pelanggan Speedy reguler memiliki prioritas paling bawah. Namun ini tidak terjadi jika trafik normal dan tidak padat.
      Solusinya bagaimana? tentu silahkan anda lapor saja ke 147 agar teknisi di lokasi anda berada bisa menganalisis lebih detail. Saya belum bisa menganalisis dengan detail karena datanya kurang lengkap.

      Delete
  46. Sudah ada teknisi yang telah datang ke rumah saya, katanya modemnya bermasalah, tapi info yang diberikan oleh teknisi tidak jelas. tidak mungkin saya mengganti modem dengan yang baru tanpa penjelasan dan bukti yang jelas, apalagi setelah diganti dengan modem baru masih bermasalah. Saya meminta bantuan kesini juga karena teknisi speedy yang biasa saya kenal sangat susah di kontak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus laporkan lagi ke 147 biar ada bukti bahwa gangguan belum selesai, dan ini di sistem telkom akan menjadi Gaul (Gangguan Ulang). Jangan bosan-bosan untuk lapor, siapa tahu petugas yang datang selanjutnya adalah yang anda pernah kenal sehingga nyambung komunikasinya/keluhannya. Tungguin teknisi yang bekerja, kalau perlu lakukan test ping sesuai petunjuk saya diatas, dan tunggu sampai 15 menit apakah masih ada RTO nya atau sudah bersih. Kalau perlu pas tes ping cobalah dengan bermain game juga.

      Delete
  47. mas mau nanya, speedy klo dinyalakan tapi gk di pakai buat internetan lampu indikatornya nyala stabil setelah saya buat internetan beberapa menit lampu adsl dan ethernet langsung mati, dan saya pernah coba ke 147 waktu nelpon lampu indikatornya nyala stabil setelah saya tutup teleponnya beberapa menit lagi lampu adsl sama enternet mati lagi. apakah ada gangguan dari kabel atau dari pusatnya? dan cara mengatasinya gimana mas, terima kasih atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu diketahui, bahwa Layanan Speedy merupakan layanan yang ditumpangkan pada saluran telepon. Jadi pada saluran yang sama ada dua sinya, 1 sinyal Speedy frekuensi tinggi dan sinyal telepon frekuensi rendah. Kedua sinyal ini dikantor telkom digabungkan dengan multiplekser dan pada sisi pelanggan dipisahkan dengan filter/(disebut juga splitter). Kedua sinyal ini bisa jalan bareng tanpa saling mengganggu asal ada komponen splitter di sisi pelanggan.
      Menganalisis dari penjelasan anda, coba dipastikan dulu kondisi di rumah atau kantor anda. Apakah ada komponen Spliter/filter dan portnya tidak terbalik ? (coba baca artikel di blog ini dengan judul : Konfigurasi Pemasangan Speedy yang salah, yang saya upload hari Tuesday, October 16, 2012). Pahami gambar itu dan cek perkabelan di rumah/kantor anda. Jika rangkaiannya salah, maka fungsi splitter/filter tidak ada gunanya.
      Semoga bisa membantu, dan trimakasih atas kunjungannya.

      Delete
    2. pemasangannya sudah benar mas, tapi klo ada telp masuk atau kluar masih mati, apakah spliternya rusak?

      Delete
  48. mohon bantuannya kenapa kabel utp ketika di colokkan ke HUB jadi susah konek malahan jd limited, namun bila langsung ke modem tidak ada masalah. dan terkdang harus disable atau enable LAN utk konekkinnya, padahal PC yg memakai jaringan cuma 2 satu menggunakan OS Win7 dan Win XP. yg sering bermasalah PC WIN XP, pernah petugas Speedy datang itu cm nyaranin ganti kabel UTPnya, utk, yg win 7. nah utk PC win XP cm sehari koneknya, besoknya sudah susah konek,Problem nya apa IP Confligt atau mesti instal ulang win xp ke wn 7, atau saya harus reset balik pengaturan modem melalui 192.168.1.1. ?
    untuk check nya saya udah coba rubah ip nya dari automatic ke statis, > Konek namun data uploadnya banyak tp data receipt nya sdikit. begitu pun sebaliknya statis ke automatic, gateway nya jd 0.0.0.0 ? mohon pencerahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HUB nya ada fungsi Router nggak? Kalau iya coba lakukan dulu design konfigurasi pengaturan IP nya. IP LAN keluaran dari Modem biasanya 192.168.1.x dan coba cek di pengaturan HUB nya, apakah pada segment yang sama ? kalau iya, coba setting pada segment yang berbeda, misalnya untuk keluaran HUB LAN di setting pada 192.168.0.x sehingga kemungkinan IP Conlict tidak terjadi lagi.

      Delete
  49. mas,, koneksi speedy saya mati-nyala mulu.., saya jadi sulit download coz tiba-tiba koneksix putus, trus nyala lagi.. (gitu seringx)..
    gimana tuh mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf , sepertinya respon saya sangat lambat ya, anda lapor bulan Mei. Ini baru ada kesempatan jawab. Kalau laporan nya tidak spesifik dengan nomor pelanggan atau kota/area, maka kami tidak bisa menjawab. Yg jelas urutan lokalisirnya seperti artikel ini, anda bisa menentukan sendiri apakah gangguan di sisi Telkom atau sisi pelanggan. Kalau masih kurang puas, atau sekarang masih menunjukkan gejala sama, silahkan lapor lagi ke 147 darimanapun anda berada atau dimanapun ada dilayani telkom. Kalau dari HP pakai kode area ya, misalnya 031147.

      Delete
  50. Mas, mohon bantuannya..
    Saya baru ganti modem, modem yg baru tp-link td-w8951nd..
    Hari pertama modemnya aman2 aja.. Tapi udaah hari ke-3 modemnya agak panas, restart sendiri trus semua lampunya jadi redup..
    Solusinya apa ya mas..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya modemnya tidak tahan panas ya...mungkin di design untuk daerah sub tropis. Kalau itu modem dari Telkom, tinggal call saja ke 147 lapor gangguan, dan nanti kalau memang modemnya yang rusak, akan diganti oleh Telkom.

      Delete
  51. TP-Link TD-W8151N ane pakai modem itu tapi WIFInya ga bisa di pakai
    selalu gagal koneksi itu masalahnya apa?
    ane juga pakai Windows XP profesional ?
    solusinya bagaimana ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk setting wifi nya silahkan di ikuti step by step langkah tentang setting modem wifi di blog ini. Gagal koneksi bisa disebabkan oleh ketidak sesuaian pemilihan mode encryption nya atau mungkin juga password nya. Kalau ragu-ragu, passwordnya dihilangkan dulu, jadi tanpa password bisa masuk nggak. silahkan dicoba

      Delete
  52. Mohon bantuanya, saya menggunakan modem Tp-link TD-W8151N. pada bagian instalasi untuk LAN lampu indikator yang ada dimodem tidak menyala begitu juga dengan lampu wps
    kabel utp sudah dipasang dengan benar namun di laptop untuk Lan-nya bertuliskan unplugged . jadi saya tidak bisa melakukan instalasinya. tapi saya tidak menyambungkan utpya ke telepon apakah harus? mohon bantuanya jika ada cara lain untuk men setting modem Tp-link TD-W8151N

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampu LAN tidak ada kaitannya dengan lampu wps. Lampu LAN akan menyala ketika ada perangkat lain apakah itu laptop atau komputer yang dihubungkan dengan modem menggunakan kabel RJ45 atau kabel utp. Jadi yang perlu dipastikan adalah kabel dalam kondisi baik, dan port RJ45 atau port LAN di komputer atau PC berfungsi dan berstatus eneble, serta port LAN di modem juga harus di enable. Untuk melakukan pengetesan semua itu harus menggunakan alat khusus atau LAN tester, atau kalau nggak punya ya pakai pembanding. Misalnya, laptop anda coba digunakan di modem lain (tetangga atau di kantor) apakah berfungsi normal atau tidak, Trus kalau port laptop normal, pastikan kabelnya. pakai pembanding juga, baru setelah semua normal, setting parameter di modemnya di cek ulang semua, mulai dari disable/enable sampai pengaturan range IP dan pemberian IP DHCP nya.

      Delete
  53. tolong mas ! T_T
    sebelum saya instal windows 7 lampu indikator LAN saya gak pernah kedip-kedip
    tapi setelah instal windows 7 Lampu Indikator LAN saya berkedip-kedip trus
    memang internet nya sudah connect namun menjadi lamban

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini kok aneh. Apakah kecepatan akses dipengaruhi oleh OS windowsnya ? Ataukah ini hanya perasaan mas Ady saja bahwa internet terasa lambat ? Untuk ngetes lambat atau cepatnya, barangkali anda perlu running aplikasi testspeed. melalui speedtest.net atau aplikasi online yang lain. Jika hasilnya sudah sesuai dengan paket Speedy anda, maka tidak bisa disimpulkan bahwa setelah memakai windows 7 akses internet jadi lambat. Jadi ukurannya adalah hasil test speed nya. Ingat, kualitas itu (biasanya) sebanding dengan biaya.

      Delete
  54. kenap mas lampu ADSL say tiba2 mati sejenak,kemudian hidup lagi,setelah pemakain beberp jam modem.
    hal yg sudah say lakukan
    1. instal ulang PC (say berpikir ada virus jaringan)
    2. reset ulang modem
    3. ganti modem (sudah 4 kl)
    4. membuat DNS dari auto menjadi manual
    5.mengecek telpon(memang ad kemerek sedikit)tapi suara yg di terima kedua pihak sangant jelas)
    tolong solusiy,say sudah merasa geraah dengan kondisi seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kasus lampu ADSL mati, lokalisir gangguan lebih dipersempit ke segmen : Modem, Jaringan, dan port DSLAM. Modem menurut anda sudah di ganti 4 kali, Berarti masalah bukan di modem. Jaringan , ada kemeresek, meskipun sedikit. Ini perlu ditindaklanjuti dengan pengecekan jarak lokasi anda dari STO/MSAN Telkom tempat anda mendapat layanan. Kalau jaraknya jauh, maka ada kemungkinan ini yang menjadi penyebab. Trus untuk Port, maka ini perlu dilakukan perbandingan pengetesan, jika di lokasi anda putus2, maka pengetesan harus dilakukan mundur (oleh petugas telkom) ke DP/RK atau bahkan langsung di test kestabilannya di mulut port di MDF nya Telkom. Silahkan dilanjutkan request ini ke petugas, Bisa saja ada kemungkinan port DSLAM/MSAN nya yang mengalami kerusakan.

      Delete
  55. permisi mas numpang tanya.
    begini mas, di tempat saya mengalami masalah yang aneh, karna masalah nya tdk sperti pada umumnya, yakni lampu LAN yg tdk normal ( terkadang nyala kadang mati, begitu trus berulang-ulang) yg menyebabkan koneksi nya terputus-putus ( bukan tdk bisa konek loh mas ). saya sudah coba ganti dgn kabel yang baru tapi ternyata masalah tdk juga hilang. untuk mengirim komen ini saja saya harus ekstra sabar karna koneksi yg putus2.kira kira letak masalahnya ada dmna ya mas ? mohon pencerahannya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara lokalisirnya begini. Kita harus melakukan pengecekan koneksi tiap ruas, apakah memang benar masalahnya ada di kabel/port LAN tersebut. Lakukan pemeriksaan/pengecekan dengan test ping ke beberapa ruas, antara lain dari PC/laptop ke modem, dan dari PC/laptop ke DNS serta dari PC/laptop ke address yang di tuju, misalnya google.com
      Caranya : dari command prompt ketikkan :
      Untuk test pc/laptop ke modem , jika addres modem 192.168.1.1 : ping 192.168.1.1 -t
      Untuk test pc/laptop ke DNS, misal DNS 202.134.0.155 maka ping 202.134.0.155 -t
      UNtuk test koneksi pc/laptop ke alamat yg dituju : ping www.google.com -t

      Bandingkan ketiga monitoring koneksi tersebut. maka anda akan dapat jawabannya.

      Delete
    2. test ke Modem, DNS, dan situs, hasilnya sama semua mas. muncul tulisan "General failure" dan "RTO" ketika koneksi terputus, klo begitu masalahnya dmna mas? maaf mas saya blm dpt jawaban nya. mohon pencerahannya lahi. terima kasih

      Delete
    3. Kalau begitu , kemungkinan ada di Port LAN anda atau Card LAN di PC atau Laptop anda. JIka ada toko komputer yg jual USB-LAN Adapter, bisa dicoba itu, tapi jika tidak ada yang jual, mendingan ke tukang service komputer untuk ngecek yang dimaksud.

      Delete
  56. Mohon bantuannya!!!
    Udah telpon 147 berkali-kali masalah modem sm belum teratasi, katanya bakalan didatangi teknisi tp smpe skrg blum dtg2.

    Jaringan wifi saya bermasalah, LAN nya normal. Wifi cuma nyala bentar lalu mati lg, tp lebih lama matinya drpada hidup, palingan nyala cm 1 menit. Lampu modemnya semuanya nyala, kecuali lampu WLAN, suka hidup mati, kadang walau lampu WLAN nyala jaringan wifinya ttp mati. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasinya dimana? Kalau di sulawesi tengah , bisa kami bantu. Kalau di lokasi lain, kami tidak punya kewenangan. Kalau melihat paparan anda, ada kemungkinan Modem Wifi nya tidak stabil. Kalau memang itu yg rusak, bisa diganti dengan modemnya telkom, karena pada prinsipnya modem dipinjami.

      Delete
  57. permisi mas, Modem ZTE ZXV10 W300 dan saya membeli TP-LINK TL-WN823N : 300Mbps Mini Wireless N USB Adapter. mau up kecepatan nya menggunakan TP-Link TL-WN823N yang di colok bagai flash disk di laptop ? mohon petunjuknya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kedua perangkat itu beda fungsi. Kalau yg ZTE ZXV10 W300 itu adalah Modem ADSL dengan Port LAN RJ45 dan dilengkapi dengan Wireless untuk client nya. Sementara TP Link TL-WN823N adalah perangkat USB Wireless, dipasangkan pada Client (laptop atau PC) fungsinya untuk menangkap sinyal wifi yang dipancarkan Access Point (host). TL-WN823N fungsinya bisa saling menggantikan (substitusi) dengan Wifi bawaannya laptop, artinya pilih salah satu mau pakai mana. Masalah kecepatan akses internet, jika persepsi anda akan dengan diganti pakai TL-WN823N bisa menambah kecepatan, maka itu tidak akan terjadi, kecuali hanya akses LAN saja, karena kecepatan akses internet, bottle neck nya ada di paket internet anda. Yg saya tahu, semua laptop minimal kecepatan wifi nya bisa 11 Mbps dan masih tergantung juga dengan jarak laptop ke AP. Kalau anda pakai modem USB itu, baru akan terasa beda pada saat anda akses internet melalui WIFI.ID Corner yang kecepatannya sampai 100 Mbps. Maaf kalau penjelasannya kurang dipahami....

      Delete
  58. halo pak. kalo modem nyala semua tetapi pas mw connect tidak terdeteksi di laptop. katanya not in range. tetapi biasanya bisa, sudah seminggu nga bsa connect.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga. mohon maaf, telat respon. coba akses pakai kabel dulu, bisa nggak. setelah bisa konek ke internet , dengan akses kabel, coba masuk ke setting modem (biasanya192.168.1.1) user password standart (admin/admin). Setelah itu masuk interface setup, dan klik wireless. Lihat parameter2 yang ada disitu. apakah ada yg aneh. cek juga pilihan daya pancar sinyal (kalau ada), Kalau masih belum bisa, ubah tanpa encripsi dulu, apakah bisa kedetek. selamat mencoba.

      Delete
  59. gan helpdesk saya mau betnya.
    speedy saya tidak bisa conect ke internet karna lampu indikator dsl nya kedap kedip.saya sudah cek kabel dsl nya tetapi tidak ada kesalahan dan tidak di pararelkan.
    apakah ada yang harus saya lakukan lagi ?
    mohon pencerahan nya.
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah dipasikan di rumah tidak ada kesalahan dan tidak diparalel, maka satu lagi pastikan dirumah ada tone teleponnya.
      Kalau tone telepon tidak ada, berarti ada putus di jaringan sebelum rumah anda.
      Kalau tone telepon ada, maka ada kemungkinan di jumpering port di kantor telkom yang bermasalah atau bahkan portnya yang rusak atau modem nya yang rusak. Sebaiknya anda laporkan ke 147 agar diinvestigasi lebih detail oleh petugas / teknisi nya.

      Delete
  60. mas wifi rumah sudah on, kok gak terdetiksi gitu dihp saya tapi dileptop bisa tersambung dan dihp lain bisa. dibantu yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kemungkinan software wifi di HP anda tidak support dengan software yang ada di modem wifi. Solusinya, coba anda ganti Wireless Mode nya (802.11b, 802.11g dan lain sebagainya), atau ganti jenis authentikasi (misalnya dari WPA/WPA2 diubah menjadi WEP) dan encriptionnya (TKIP/AES). Atau bahkan coba setting loss kan saja tanpa authentikasi dan tanpa encription, sehingga begitu sinyal wifi memancar, bisa langsung dikoneksikan.Semoga berhasil

      Delete
  61. malam. mau tanya pak, speedy saya tidak dapat terhubung ke laptop. terdeteksi di laptop namun ketika ingin diconnect tidak bisa. tertulis blue link not in a range/ hidden . padahal signal wifinya full. masalah terhadap router atau modem speedy? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat malam juga. Jika setting wifi nya di Hidden, maka nama SSID nya pasti tidak akan muncul pada saat kita search. Untuk mengkoneksikan laptop ke wifi yang SSID nya di hidden, maka harus melakukannya dengan manual, dengan catatan kita sudah punya data : Nama SSID, jenis Encription, Jenis Encaptulation dan Password Wifi. Tanpa data itu maka mustahil bisa konek ke Wifi yg SSID nya hidden. Untuk tahu data itu dari mana? ya dari orang yang melakukan setting parameter wireless nya, Kalau orang yg setting tidak ngasih data itu atau dia lupa, ya kita harus masuk di menu setting modem/routernya dengan menggunakan kabel UTP/Kabel LAN.
      Perlu diketahui, orang yang setting wifi dengan SSID hidden, pasti punya alasan tersendiri dia melakukannya. Misalnya agar tidak semua orang bisa akses ke wifi tersebut.

      Delete
  62. Malam,

    Speedy saya terisolir & saya sudah bayar. Tapi adsl masih belum nyala. Saya sdh telfon 147 & mendatangi plasa telkom terdekat. Tetapi hasilnya nihil. Sudah 7 jam sejak saya bayar, internetpun belom tersambung juga. Mohon bantuan untuk cara settingnya. Terima kasih (Fyi: saya menggunakan speedy gold (static ip))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isolir yang disebabkan karena nunggak bayar, dilakukan secara otomatis by sistem dengan indikasi lampu internet mati. Kalau sudah dibayar, maka otomatis akan terbuka dan lampu internet akan menyala.
      Jika sudah 7 jam belum menyala, maka pastilah ada sebab lain. Anda menyatakan lampu adsl tidak menyala, maka itulah yang menjadi penyebab. Perlu anda ketahui, bahwa lampu adsl yang mati menandakan bahwa hubungan fisik kabel dari modem di rumah dengan sentral di kantor telkom terputus. Maka solusinya adalah dengan menyambung kembali titik yang putus tersebut, jadi tidka perlu dilakukan setting modem apapun.
      Untuk melokalisir gangguan, anda bisa melakukan sendiri di rumah, apakah tone teleponnya ada atau tidak. Kalau tidak, apakah sambungan kabel di rumah ada yang putus. Kalau juga tidak, maka putus kabel nya ada di luar rumah dan petugas Telkom lah yang bisa menyambung kembali. Jika sudah lapor 147 , mudah mudahan segera ada petugas yang akan menghubungi anda, jika belum, maka hubungi lagi 147. atau kirim email japri nomer speedy nya ke email helpdesk.speedypalu@gmail.com

      Delete
  63. sore,,
    di modem TP-link saya lampu yang gambar bumi yang menandakan koneksi internet itu warnanya merah, tap d pakai internet lancar2 aja. itu knapa ya mas?
    trusa speedy ddns saya sering DC selama berhari, dampaknya server yang saya buat sering tidak dapat di pakai.
    itu juga knapa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebatas yang saya tahu, modem TP Link yang dipakai telkom lampu led nya hijau semua. lampu led internet akan mati jika tidak terkonek ke internet, dan nyala/flashing jika sedang konek internet.
      Untuk DDNS, silahkan dikonfirmasikan ke penyedia server ddns nya. kalau yang saya pakai speedyddns.net untuk layanan monitoring camera ip cam lancar-lancar saja.

      Delete
  64. malem, mau tnya, klo speednya drop, kira2 apanya ya, telpon dan lampu2 led normal, gak RTO tpi speednya kok 363 K, pdhl sya berlanggnan 1 mb, dan biasanya full, suadah 4 hari ini begitu terus, lapor ke plasa sudah, 147 sudah, bahkan lngsung lapor ke teknisinya juga sudah, tpi sampek saat ini belum ada tindakan, kira2 apa yang harus saya cek sendiri, sambil nunggu teknisinya datang?
    maksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 363 Kbyte/s atau 363 Kbps ? coba cek lagi. Itu diketahui ketika download file atau ketika mengukur kecepatan dengan menggunakan aplikasi testspeed? Kami akan cek ke sistem, tapi harus tahu nomer speedy anda. Kirimkan data nomer telepon atau speedy anda ke email , japri aja ke helpdesk.speedypalu@gmail.com

      Delete
  65. Assalamu'alaikum,...
    Maaf gan mw minta bantuannya! Sy pelanggan speedy! Ada masalah dengan modem TP LINK TD W8151N speedy sy yg bawaan dari telkom! Lampu indikatornya menyala semua,. tapi kok wifinya nggak bisa terdeteksi sm HP maupun laptop! Klw pun dapat, nggak bisa conneck! Padahal lampu indikatornya menyala! Anehnya, klw menggunakan kabel LAN malah lanjar jaya browsing internetnya! Solusinya gimana nih gan! Sdh 1 minggu blm ada solusi! Mana petugasnya sdh dibel nggak datang2 juga! Sudah 3 kali hub ke telkom center! Malah nggak ada respon! Mohon solusinya gan??????????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba masuk setting modemnya, melalui koneksi dengan kabel, ketik 192.168.1.1 dan masuk ke menu interface setup sub menu wireless. cek satu persatu parameter setting tersebut. Biasanya kalau wifinya tidak terdeteksi, itu karena sinyalnya tidak dibroadcast, alias di hidden. Kalau memang pada option ini tidak ada masalah, maka bisa dilakukan reset ulang, tapi jangan lupa, siapkan terlebih dahulu data-datanya, nomor speedy, password speedy, nama wifi yg dikehendaki dan password wifi yg dikehendaki.Semoga berhasil.

      Delete
    2. Sudah saya chek gan, masih aja nggak mw terdeteksi wifinya! Jadi bagaimana sudah itu! Mohon solusinya! Bisa kirimkan setingan normalnya dan cara reset ulang speedy nya! Kirim ke email aja gan, kelana.neutronboys@gmail.com! Mohon bantuannya gan!!

      Delete
  66. permisi , saya mau tanya ,

    kenapa ya wifi saya tidak mau konek
    lampu internet , DSL , tidak menyala , , wifi saya bisa konek jika telepon rumah saya harus di angkat , jika telepon rumah di tutup tiba tiba lampu internet dan DSL mati kembali ,, tolong solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. melihat cerita diatas, sepertinya hal ini kebalikan dengan kebiasaan speedy. biasanya pada kasus telepon dan speedy yang terparalel sebelum spliter, kejadiannya jika telepon tidak diangkat, speedy normal, ketika telepon diangkat, maka speedy gangguan, atau lampu dsl kedip kedip.
      Kalau terjadi sebaliknya seperti cerita anda, maka saya menduga, kemungkinan susunan antara kabel ke modem dan kabel ke telepon berupa serial, artinya ketika telepon diangkat, maka sifatnya dia hampir tehubung singkat, maka dia sebagai saklar saluran bagi modem speedy. Solusinya, coba teleponnya dilepas dulu, apakah speedy bisa jalan normal. Kalau normal, coba cek hubungan saluran yg meju telepon dan yg menuju ke modem. seharusnya menggunakan SPlitter, agar antara sinyal telepon dan speedy tidak saling mempengaruhi.

      Delete
    2. makasi sebelumnya , tapi saya sdh pernah coba mencabut kabel telepon , malahan wifi saya tidak bisa konek , wifi saya hanya bisa konek jika telepon rumah saya harus di angkat ,,, mohon solusinya , soalnya telepon rumah saya sdh rusak berkali kali karena sering di angkat terus

      Delete
    3. Coba anda cek lagi perkabelan saluran telepon di rumah anda, mulai dari kabel dari luar rumah sampai ke roset, splitter, modem dan telepon, apakah sudah benar atau belum. Dan bandingkan dengan konfigurasi pada artiket berikut ini. buka link berikut ini : http://speedypalu.blogspot.com/2012/10/konfigurasi-pemasangan-speedy-yang-salah.html

      Delete
  67. Pak saya mau tanya jadi begini telepon rumah saya bermasalah dan wifi saya juga bermasalah yaitu lampu pada internet nya mati (No Internet Access) dan sebelum nya wifi saya dengan kecepatan internet stabil yaitu 54 MBPS.............setelah 5 hari telepon rumah saya kembali normal namun wifi saya tidak normal lalu saya hubungi 147 lalu saya menanyakan kalau wifi saya terdapat masalah lampu internet nya tidak menyala lalu speedy berkata saya akan men-refresh wifi anda(wifi saya di refresh dari kantor nya)lalu setelah 5 menit lampu internet saya nyala dan kembali normal tetapi lampu pada WLAN kedap-kedip sebelum nya tidak......... ketika wifi saya dalam kondisi bagus hanya lampu internetnya saja yang kedap-kedip...tetapi lampu WLAN nya kedap-kedip lalu kecepatan internet saya lemot kali......saya juga tidak tahu mengapa begini sebelum tidak pernah terjadi...

    Mohon Bantuan Secepatnya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berikut saya share beberapa pengertian yang bisa membantu anda memahami produk speedy :
      - Paket Speedy tidak ada yg 54 Mbps. 54 Mbps yg terpampang dalam Wileless Network Connection properties anda, adalah kecepatan dari Laptop anda ke Modem Wireless/modem speedy. Jadi itu bukan kecepatan speedy.
      - Lampu internet, adalah lampu indikator yg menunjukkan apakah layanan speedy anda sedang online atau tidak. Jika mati, berarti internet tidak online/tidak bisa dipakai. Jika menyala berarti online. Jika nyala kedip-kedip berarti sedang online dan sedang ada client (pengguna) internet yg terhubung ke modem tersebut sedang browsing atau streaming.
      - Lampu internet bisa nyala atau tidaknya, sangat tergantung oleh lampu adsl. Lampu adsl menunjukkan status dari jaringan kabel fisik penghubung dari modem ke sentral speedy telkom. Jika nyala, berarti jaringan kabel bagus. Jika mati berarti jaringan kabel sedang putus.Jika lampu adsl mati, pasti lampu internet tidak akan nyala. Jika lampu adsl nyala, maka lampu internet akan nyala. Jika lampu adsl nyala tapi lampu internet tidak nyala, maka banyak kemungkinannya, misalnya, menunggak bayar, gangguan masal, baru saja ganti password speedy, pindah port, atau port speedy heng. Jika heng, maka dilakukan reset port seperti yg anda alami tersebut.
      - Lampu WLAN, mengindikasikan wifi apakah aktif atau tidak dan apakah sedang ada yg menggunakan atau tidak. Jika menyala stabil berarti wifi aktif. Jika nyala kedip kedip, berarti sedang ada laptop atau hanphone yang terhubung ke wifi tersebut dan sedang browsing atau streaming.
      -Untuk menyatakan internet lemot atau cepat, sebenarnya ada ukurannya, tidak bisa dinyatakan dengan perasaan saja. Ini tergantung dari paket yang anda pilih ketika pasang speedy dan setiap paket harga langganan bulanan juga beda. Makin cepat makin mahal. Jadi untuk mengukurnya, coba anda paket apa dan ukurlah kecepatannya dengan aplikasi speedtest universal yang ada di internet, misalnya www.speedtest.net atau www.speedtest.telin.co.id atau yang lain

      Delete
  68. Pak saya ingin berlangganan speedy tetapi bingung soalnya saya ingin mengambil paket yang bisa main game online dan menonton film............jadi saya harus megambil paket apa pak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemilihan paket , kalau sudah tidak terkendala budged sebenarnya akan lebih gampang. Tinggal menyesuaikan kebutuhan aplikasi yg akan dipakai. Kalau nanti akan digunakan untuk game online dan menonton film, maka dibutuhkan paket yg speed nya lebih besar. Untuk game online dipengaruhi oleh latency. makin kecil latency makin baik. Pengaruhnya adalah pada responsibilitas tombol di keyboard yg kita pencet terhadap efek pada display game. Coba bayangkan seandainya latency terlalu besar, ketika main game tembak-tembakan, maka kita cenderung akan kalah ketika tombol kita tidak responsif. Kalau di speedy semua paket latencynya hampir sama semua, kecuali yang backbone nya masih menggunakan satelit. Nah kalau untuk menonton film, butuh downstream yang besar. Jadi paket speedy yang dipilih harus yang minimal 1 Mbps. Jika speed nya rendah, maka ketika kita play sebuah film, maka akan sering terjadi Buffering. Silahkan coba dulu paket yang 1 Mbps untuk kebutuhan anda. Jika masih dirasa kurang, bisa diupgrade kok, asal kualitas jaringan telepon ke runah anda bagus.

      Delete
  69. Dear admin, kenapa ya Lampu adsl dan internet modem wifi saya suka tiba2 mati, ketika saya telpon 147, saya disarankan utk merestart modem saya minimal dtunggu 1 menit, setelah itu memang cara ini bekerja, krn modem saya bekerja normal kembali, tetapi stelah beberapa saat lampu adsl dan internet mati lagi, jd saya hrs merestart kembali. Bisa tolong dijelaskan sbnernya masalahnya dimana dan apa solusinya? terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kondisi itu ada beberapa kemungkinan. bisa dari jaringan kabelnya, modemnya, atau port dslam di telkom. Untuk memastikan kemungkinan mana yang paling mungkin, maka bisa dilakukan investigasi.
      Untuk mengecek jaringan kabel, cek visualnya pertama jarak. Berapa kilometer jarak rumah anda ke titik kontak dengan telkom (apakah itu sentral atau msan/remote dslam), Jika jaraknya lebih dari 5 km, maka ada kemungkinan sinyal adsl/speedy nya sudah mengalami degradasi karena redaman tinggi dan menyebabkan lampu adsl akan mati setelah beberapa waktu. Secara sotfware bisa dilihat pada menu setting modem di status modem ketika modem sedang online. Kemungkinan kedua yaitu modemnya. Jika jarak rumah anda tidak jauh, maka perlu di cek modemnya, cara ceknya yaitu dengan membandingkan dengan modem lain, artinya dipasang modem lain, apakah gejalanya berbeda atau sudah berubah. Ini bisa dilakukan jika anda punya lebih dari 1 modem, atau kalau tidak punya ya panggil aja teknisi melalui 147.
      Kemungkinan ketiga adalah port dslam/msan rusak. Hal ini akan bisa diketahui ketika dilakukan pengetesan kestabilan sinyal adsl di sentral speedy atau di port dslam/msan nya langsung. Kalau di situ aja sudah tidak stabil, ya pasti port nya rusak. Semoga bisa membantu.

      Delete
  70. Klo modem speedy aq knapa y, setiap habis mati lampu selalu susah nyala, lampu ke2 yg jaringan komp nyala, tp lampu yg pertama merah, sedangkan lampu dsl dan internet sama sekali tidak menyala. Ini knapa y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modemnya merk apa? Pada kondisi modem dalam kondisi normal, maka yang menentukan lampu dsl bisa menyala adalah jaringan dan port. Jika port dslam di telkom bagus, maka tinggal jaringan saja yg menentukan. Ada kemungkinan jaringan terlalu jauh atau walaupun jaringan dekat tetapi ada titik titik sambung yang kurang bagus, sehingga redaman terlalu besar. Untuk itu silahkan di cek ketika sudah menyala adsl, cek di setting modem, berapa redaman saluran dan SNR nya. Ukuran minimal SNR adalah 13 dB, kurang dari itu maka jaringan tidak bagus atau jaringan terlalu jauh dan menyebabkan Attenuation (redaman tinggi). Jika adan tidak bisa melakukan pengecekan, sebaiknya lapor saja ke 147.

      Delete
  71. Bang modem ane yang nyala kok cuma led WLAN nya doang... Lainnya mati... Udah dua hari kek gini... Ane pake modem TP-Link TD-W8961N bawaan speedy... Itu kira2 kenapa ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suspect gangguan pada jaringan. Coba cek tone teleponnya, apakah ada tone atau tidak. Kalau tidak ada ya pasti gangguan jaringan kabel dari kantor telkom ke rumah anda. Jika ngga ada telepon rumah, ya tinggal lapor aja ke 147.

      Delete
  72. pak admin mau tanya nih router saya ada dilantai 1 bagian ruang tamu, terus bagaimana caranya agar bisa nembus ke lantai 2 rumah saya, soalnya dilantai 2 sinyalnya 2 setrip saja, adakah setingan yg harus dirubah? .terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penempatan router wifi sebaiknya antara lantai 1 dan 2, tepatnya di tangga. Tinggal perpanjang aja kabel telepon nya sehingga router wifi bisa dipasang di tangga. Kalau ingin simple, tidak repot narik kabel, beli aja Range Extender misalnya ada merk TP Link TL-WA850RE, bisa dilihat speknya dan harganya di www.bhinneka.com harga juga nggak mahal kok.

      Delete
  73. kepada abang admin, bang kenapa router wifi saya akhir2 ini klo lagi hujan pasti lampu adsl sama internetnya mati, dan itu berlangsung selama hujan saja, ketika hujan berhenti router harus di matikan dulu agar bisa kembali berjalan normal, itu kira2 kenapa ya bang? apa ada yang salah sama settingan router saya.? soalnya dulu itu meskipun hujan gk pp, tp setelah adsl sempat mati dan saya laporan ke 147 akhirnya ada orang teknisi benerin kerumah, lha setelah dibenerin ini kok malah sekarang kalo hujan mesti terjadi hal seperti yg saya jelaskan diatas bang. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, maka ada indikasi bahwa adanya hujan mempengaruhi kualitas jaringan. Penjelasannya begini, dari pelajaran SMP yg pernah kita dapatkan, bahwa air adalah termasuk zat yang mudah menghantarkan listrik.Nah jaringan kabel telkom yang terbuat dari logam tembaga yang dialiri listrik untuk menyalurkan data, juga bisa dipengaruhi oleh air ketika ada sambungan yang tidak tertutup oleh jelly dan ketika basah maka air yg membasahi tersebut bisa menghantarkan listrik dan mengakibatkan kontak/hubung singkat. Inilah yang menyebabkan lampu adsl dan lampu internet pada modem anda mati. Jadi tidak ada kaitannya matinya lampu adsl dengan settingan router anda, jika pengaruhnya oleh hujan.Solusinya ya jaringan/sambungan yang terbuka tersebut harus diperbaiki dengan benar, kalau ada sambungan ya harus ditutup dengan alat tertentu yang mengandung jelly , misalnya blue wire connector. Jika perlu minta kabel penanggal yang tidak ada sambungannya dengan alasan kasus yang anda alami tersebut. Demikian semoga bisa membantu.

      Delete
    2. lho tapi letak modem saya didalam rumah lho pak , jauh dari air, apa yg kena air tu sambungan yg ada ditiang listrik yang beberapa waktu lalu pernAh dibenerin oleh teknisi telkom itu ya pak? berarti saya harus telpon 147 nie pak?

      Delete
    3. Tentu bukan sambungan jaringan yg dekat modem, tapi sambungan yang terkena air hanya ketika hujan saja, mungkin di kabel penanggal yang dari tiang ke rumah anda, mungkin sambungan kabel penanggal yang berada di antara tiang, mungkin juga kotak pembagi DP yang ada di tiang hilang tutupnya. Jadi lebih baik lapor 147 agar teknisinya yang melakukan perbaikan dengan kasus keluhan yang anda alami.

      Delete
    4. baiklah pak terima kasih atas pencerahannya. sukses slalu buat speedy

      Delete
  74. pak mau tanya nie kenapa wifi dirumah klo ujan kok adslnya dan internetnya mati , setelah ujan reda dia baru bisa kembali nyala, itu terjadi setiap hujan datang, padahal sebelumnya gk pernah begitu meskipun hujan datang. apakah ada yg salah pak dengan setingan saya?
    owh iya ini terjadi setelah dulu sempat mati total adslnya slama 2 hari setelah lapor 147 akhirnya teknisi datang dan benerin lha setelah dibenerin itu terjadi kendala seperti yg saya jelaskan diatas. mohon penjelasannya pak.

    ReplyDelete
  75. Jawabannya sama dengan komentar sebelumnya. tks

    ReplyDelete
  76. Gan lampu indikator lan speedy saya kok kedip kedip terus
    sebelunya normal normal saja
    soalnya habis ada petir gan langsung kedip kedip lampu lan nya tapi koneksi wifi lancar gan ndak ada maslah
    kira kira apanya ya gan........?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan koneksi dengan kabel LAN dan lakukan test ping ke alamat modem, biasanya 192.168.1.1 atau 192.168.1.254 tergantung merk modem. Jika tembus berarti normal, jika tidak tembus, ada kelainan. Masalah lampu kedip itu sebenarnya normal ketika ada aliran data dari modem ke pc atau laptop. Dan kalau tidak ada kabel yg di colok ke modem, seharusnya lampunya mati. Jika masih tidak normal, coba lakukan hard reset, tapi siapkan dulu data data akun internetnya

      Delete
  77. Gan mau nanya nih kenapa speedy saya kok ndak bisa konek ya kalau lewat kabel lan tapi kalau lewat wifi lancar sebelumnya ndak ada masalah lancar lancar saja ga
    Karena sebelum ada petir meyambar lancar lancar saja gan
    kira kira apanya ya gan........?

    ReplyDelete
  78. gan kenapa ya , ketika pc saya mati , lampu di modem nyala ,wifi juga bisa di pake ,lancar " aja , tapi pas pc nya di nyalain , lampu modem langsung mati , di pc juga "no internet access" . udah coba ping ke google , hasilnya destination unreachable dan yang nyala hanya lampu wifinya, kenapa ya ?, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu dipahami dulu tentang modem adsl. Beberapa merk modem menggunakan istilah beda dari penjelasan saya. Pertama lampu lampu indikator. Dengan memahami arti lampu indikator, berarti aanda sudah memahami karakter modem tersebut dan kapan anda bisa berinternet. Antara lain lampu power, dsl, internet, LAN, wifi. Syarat utama agar modem terhubung ke internet adalah lampu power nyala, lampu dsl nyala stabil, lampu internet nyala boleh stabil atau kedip tergantung dari aliran data. Selain itu, lampu wifi nyala jika fungsi wifinya diaktifkan, kedip2 jika ada client yg konek dan lampu LAN mati jika tidak ada pc atau laptop yg nyolok nyolok pakai kabeL, nyala kalau ada yg nyolok, kedip kalau ada data. Kalau ketika pc anda dinyalain lampu kodem langsung mati, informasi ini tidak lengkap, yang anda maksud lampu yang mana. Jadi terjemahkan sendiri keterangan saya untuk permasalahan yang anda alami.

      Delete
  79. gan numpang nanya nih..kenpa lampu modem zte speedy saya tiba2 suka menyala merah dan beberapa menit lkemudian normal lagi..dan terkadang harus di restart baru kembali normal..t kasih tolong di balas ke akun gmail saya aja ya gan klo bisa ..t kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kemungkinan modemnya bermasalah, Jika anda pelanggan Telkom dan masih menggunakan modem paket dari Telkom, silahkan hubungi 147 untuk mengadukan masalah ini, jika teknisi datang, silahkan dijelaskan permasalahannya.

      Delete
  80. gan.
    bagaimana cara mengatasi connection yang selalu limited
    pesan yang dikeluarkan windows Network diagnotisc :
    "You have no preferred wireless networks => no fixed"
    "A network cable is not properly plugged in or may be broken => no fixed"
    saya sudah menguninstal dan scan for hardware changes masih tetap tidak berhasil.
    saya juga sudah disabled dan unabled juga tidak bisa.
    saya juga sudah menggunakan cmd untuk mereset juga tidak bisa.
    saya juga sudah merestart modem spedy nya juga tidak bisa.
    mohon bantuannya ya gan.
    terima kasih banyak gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Limited , atau ada tanda seru, biasanya disebabkan karena proses pemberian IP LAN ke client gagal. Atau memang disebabkan karena option DHCP pada AP di nonaktifkan.
      Bisa dicoba solusi dengan beberapa cara, pertama cek dulu apakah memang AP nya option DHCP status Disable, kalau iya berarti tinggal meng enablekan saja.
      Cara lainnya , jika semua bisa akses , hanya pc/laptop/tablet anda saja yang tidak bisa mendapatkan IP, maka bisa dilakukan pemberian IP secara manual/statik. Caranya sudah tahu kan, masuk ke menu network, cari icon perangkat LAN atau wireless anda, dan lakukan setting IP dan DNS secara manual.
      Silahkan dicoba. (dengan catatan bahwa hardware dan driver LAN/WLAN dalam kondisi bagus)

      Delete
  81. gan,
    satu bulan yang lalu saya upgrade ke indihome 3 mb.....2 minggu pemakaian awal lancar, tetapi setelah minggu ke 3 dst......kinerja internetnya lambat bahkan tidak jalan sama sekali padahal semua lampu menyala normal, saya cek di 192.168.1.1 bandwitnya juga normal, lakukan ping juga normal, tp kenp internetnya gk bisa digunakan sama sekali....mohon solusinya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini dilokasi mana? atau kirim saja nomor internet atau telepon nya, nanti kami bantu untuk investigasi. Mohon maaf ya kalau saya buka blognya terlambat, karena kesibukan. nomor nya tidak akan saya publikasikan.

      Delete
  82. Saya pakai modem speedy yg TP LINK, lalau saya bagi dengan menambah router agar bsa koneksi ke lantai atas, tetapi koneksinya sangat lambat, awalnya normal, konek cepet sekarang jdi lambat..
    apakah pentebabnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba test lagi koneksi melalui port keluaran modem atau sinyal wifi modem bawaan telkom, apakah speed yang anda rasakan sudah sesuai paket atau belum. salurah ke Router anda cabut dulu kemudian lakukan test speed pada modem bawaan telkom, Kalau norma, berarti masalah ada di setting parameter router anda. Tapi kalau lambat juga, kemungkinan jaringannya terjadi penurunan kualitas. Ini bisa anda laporkan ke Telkom melalui call center 147 atau melalui web. sampaikan keluhan yang anda rasakan, Nanti akan ada petugas perbaikan untuk melakukan investigasi.

      Delete
  83. Cara mengatasi lampu internet menyala merah bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampu internet warna merah, ada beberapa kemungkinan. Pertama lampu adsl kedip kedip. artinya jaringan belum tembus. Kedua kalau lampu adsl nyala stabil, maka kemungkinan user tersebut sedang terisolir karena menunggak tagihan, Kalau tidak ada tunggakan tagihan, kemungkinan ada jaringan backbone terputus (kabel FIber Optik Backbone terputus). Kemungkinan lain, user/password internet/speedy di modem tidak benar/tidak sesuai dengan yang ada di Radius.
      Jika masih belum bisa tahu sebabnya, silahkan laporkan melalui call center, bisa 147 atau melalu web telkom.

      Delete
  84. Mohon info pak...
    Ditempat saya lampu internet nya merah. Sedangkan lampu indikator yg lain nyala / kedip2 normal. Telepon kantor juga ketika digunakan utk menelepon tdk ada nada sambung nya dan langsung mati...
    padahal saya baru saja bayar 4 hari yg lalu...
    dan hari2 sebwlumnya tdk ada masalah.
    mohon info donk. Jd gbs internetan & telepon ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lampu internet merah, ada kemungkinan terisolir atau jaringan tidak tembus. coba cek lampu adsl nya, nyala stabil atau kedip kedip. Kalau stabil, ada kemungkinan isolir atau modem terreset. Mohon infokan nomor telepon atau nomor internetnya untuk bisa kami investigasi lebih detail. (nomornya tidak akan kami publikasi).

      Delete
  85. mau nanya, kenapa kok wifi speedy indihome saya kalau connect ke laptop tidak lancar ya sering terputus dan limited access. padahal kalau di gadget tidak ada masalah. saya coba check pakai "CMD" sering RTO dan muncul tulisan "Reply from 192.160.100.4: Destination host unreachable". mohon petunjuknya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak lancar atau tidak konek sama sekali? Kalau tidak lancar , perlu dicurigai performansi hardwarenya. Kalau tidak bisa sama sekali, perlu di cek setting / konfigurasinya koneksinya dari laptop ke modem, apakah karena masalah DHCP nya atau karena DNS nya. perlu juga dicoba dibandingkan dengan koneksi dari laptop dengan memakai kabel LAN. apa bedanya nanti bisa dibandingkan. Kalau melihat CMD test ping IP replay nya seperti itu, jika modemnya masih standart, mungkin IP laptop anda masih tersetting static, karena biasanya modem yg dari Telkom menggunakan IP 192.168.1.x

      Delete
  86. Kalau lampu wifi nya mati itu kenapa ya? Wifi ga bisa terdeteksi di hp ataupun di laptop, tetapi kalau di komputer yang menggunakan kabel LAN, komputer itu bisa koneksi internet. Access point saya baru di ganti jadi indihome tapi masih speedy juga, diganti beberapa hari yg lalu sama teknisi karna access point kemarin mati kena petir. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau wifi mati, ciri/indikasinya LED wifi nya tidak nyala, berarti pada menu setting modem, belum di aktifkan. Untuk mengaktifkan tanpa bantuan teknisi, silahkan cari di blog ini artikel tentang Seting Wifi ZTE. mirip mirip menunya walaupun modem anda merk TP Link

      Delete

bilang: