Tentang kami

My photo
Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
Telkom Sulawesi Tengah sebagai penyedia layanan Internet berkomitmen untuk melayani para pelanggan sepenuh hati. Blog ini sebagai salah satu moda interaksi kami dengan para pelanggan dan calon pelanggan selain melalui Plasa Telkom, 147 dan www.telkom.co.id serta www.indihome.co.id Di dalam blog ini kami menyediakan berbagai pengetahuan tentang internet INDIHOME yang diperlukan oleh pelanggan dan calon pelanggan. Kami menerima masukan dan saran untuk perbaikan melalui e-mail helpdesk.speedypalu@gmail.com Terimakasih telah berkunjung.

Sunday, February 12, 2012

Paket Promo SPEEDY Pebruari 2012 s/d Maret 2012

Setelah masuk bulan Pebruari 2012, Telkom memberikan paket Promo yang lebih menarik daripada waktu yang lalu. Khusus untuk daerah yang sudah ada paket Speedy Multispeed (Palu, Donggala, Tawaeli, Parigi, Poso, Luwuk), masa diskon lebih lama, yang dulu 3 bulan, sekarang menjadi 6 bulan. Namun untuk daerah yang masih paket Speedy Non Multispeed, masa diskonnya tetap 3 bulan.Sementara Gimick Free Modem masih diberlakukan. Bahkan untuk paket 384 (Socialia)  sudah mendapatkan gratis modem Wifi (jika persediaan masih ada, karena jumlahnya terbatas). Untuk Paket Non Multispeed, Free Modem Wifi diberikan untuk mulai paket Profesional ke atas.
Berikut tabel selengkapnya :
Tabel Tarif Promo Speedy Multispeed
Sedangkan untuk daerah yang masih Speedy Non Multispeed (Tolitoli, Moutong, Kotaraya, Tinombo, Ampana, Tentena, Bunta, Buol, Pagimana, Kolonedale, Banggai) :
Tabel Tarif Promo Speedy Non Multispeed

57 comments:

  1. mas kalo paket yang 100 ribu perbulan ada tidak?? terus kalo tidak pux telp rumah bgaimana mas?? tolong penjelasanx

    ReplyDelete
  2. @Por4me : paket yg 100 ribu perbulan yang reguler sudah tidak. Kalau anda tergabung pada Komunitas IGI(ikatan Guru Indonesia) masih ada sampai maret 2012.
    Kalau tidak punya telepon rumah, harus pasang terlebih dulu, karena Speedy hanya bisa dilewatkan melalui jaringan kabel. Alamat rumahnya dimana, nanti biar dilakukan survey apakah bisa dilayani atau tidak, apakah jaringan kabel Telkom sudah menjangkau rumah anda atau belum. Perlu diketahui, jika anda pasang telepon rumah, biaya aktivasinya masih gratis, hanya membayar biaya IKR saja sekitar 100 ribu.

    ReplyDelete
  3. mas sebenarnya paket promo yg saat ini nyampai berapa bulan?
    kemaren saya daftar paket yg 1 mbps per bulan katanya cuman 6 bulan promonya,tp sedangkan yang saya baca dari brosurnya itu nyampek 12 hingga 13 bulan....
    mohon penjelasannya...mkch

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Gandy ysh. paket Promo yang berlaku saat ini, untuk paket Multispeed , misalnya paket Familia, diskon selama 6 bulan pertama. Mulai bulan ke 7, normal. Kalau boleh saya tahu, brosur yang mana yang bapak baca, apakah yg ada di Blog ini, atau brosur print out yang bapak dapatkan?.

      Delete
  4. klo pemasangan baru untuk blan ini masih berlaku apa tidak ya...?
    trus...sebenarnya untuk biaya pemasngan baru itu brapa,ko modemnya jga di beli kata patugas pemasngan
    MOHON penjelasannya,dan sy ucapakan banyak terima ksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @iwankipo: Untuk TW-2 belum saya update infonya, namun masih mirip dengan bulan sebelumnya. Biaya pemasangan untuk pelanggan telepon+speedy baru hanya 135 ribu, dengan rincian 100 rb untuk IKR telepon di rumah pelanggan, 35 ribu untuk biaya jasa setting modem di komputer pelanggan. MODEM Speedy mulai sekarang tetap menjadi milik TELKOM, pelanggan hanya dipinjami selama pelanggan berlangganan SPEEDY. Jika rusak diganti, jika pelanggan cabut, modem harus dikembalikan ke Telkom. Tidak ada biaya sepeserpun untuk modem, jika bapak menemukan oknum yang minta uang untuk pembelian modem, itu illegal dan laporkan kepada kami siapa orangnya dan berapa rupiah serta tanggal berapa kejadiannya. Trimakasih atas masukannya.

      Delete
    2. kalau pemasangan wifi biaya pemasangan telpon, speedy dan modem wifinya brapa? perbulannya brpa? dan paketnya apa saja?

      Delete
    3. Paket Modem Wifi maupun Non Wifi, asalkan sesuai paket (Paket Mail dan Chat pakai modem Combo, Paket Socialia sampai Biz, pakae modem Wifi), tidak dikenakan biaya pembelian, karena memang modem bukan milik Pelanggan. Yang dibayar hanya biaya setting modem saja 35 ribu.
      Untuk calang yang belum punya telepon, biaya aktivasi pemasangan Telepon sebesar 2oo ribu masih ada promo GRATIS, sedangkan biaya Instalasi Kabel Rumah (IKR) sebesar 100 ribu tetap dibayar.
      Jadi kalau ditotal, biaya awal pemasangan Telepon, Speedy pake Wifi atau bukan wifi hanya 135 ribu saja. (ini belum termasuk pesawat telepon, karena pelanggan harus beli sendiri ke toko).
      Paket yang tersedia sesuai kota masing masing, untuk Palu, Donggala, Tawaeli, Parifi, Poso, Luwuk (paketnya Mail, Chat, Socialia, Familia, Executive, Biz). Dan untuk kota kota selain itu di Sulawesi Tengah, masih paket lama (Cermat, Timebase, Personal, Profesional, Office, Warnet). Tarif Promo masih sama dengan paket TW-1 seperti tabel di Artikel ini.

      Delete
  5. Mau tanya, kalau misalkan saya ingin pasang Speedy tapi saya sudah tidak berlangganan telepon rumah, apakah nanti pada saat pemasangan baru speedy akan dikenakan biaya tambahan untuk pemasangan line telepon rumahnya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai bulan Juni 2012, kami ada kebijakan baru lagi, bahwa untuk pemasangan line telepon rumahnya Gratis 100%, dimana tidak ada lagi komponen biaya IKR yang 100 ribu, dengan catatan, tidak ada IKR tetapi kabel dari tiang telepon langsung ditarik ke rumah pelanggan, maksimal 10 meter masuk rumah. Coba baca artikel kami yang terakhir di blog ini berjudul : PASANG TELEPON+SPEEDY Hanya 25 ribu Lho....
      Biaya 25 ribu tersebut adalah biaya setting modem.

      Delete
  6. Mau tanya: saya berencana mau pasang speedy di rumah saya, secepatnya, karena kebutuhan untuk anak-anak. Telepon kabel milik telkom, di rumah sudah ada.yang ingin saya tahu, berapakah biaya yang dibutuhkan untuk aktivasinya! Terimakasih atas perhatiannya. Alamat di kota Balige, Toba Samosir; Email Saya: tua_sibuea@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Maruli Sibuea : Sudah saya forwardkan request anda ke Regional Sumatra. Semoga sudah ada progress.

      Delete
  7. saya mau pasang speedy dirumah, tapi bukan yang pake kabel2an (wifi), mau tau harga keseluruhannya.. dari mulai pasang, biaya perbulan trus barang2 apa saja yang dibutuhkan untuk pemasangannya.. saya belum pernah pasang telpon rumah sebelumnya.. jadi benar2 pure dari nol mulai semuanya.. mohon bantuannya.. trima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang, Pasang Speedy mulai paket Socialia (384kbps) sudah langsung dipinjami Modem Wifi selama berlangganan.

      Sekarang juga masih berlaku kebijakan Diskon Pasang Baru Telepon, yang seharusnya 250 Rb (residensial) menjadi 0 rupiah. Biaya yang timbul untuk pemasangan paket Telepon Rumah + Speedy hanya Rp. 25 Ribu saja, itu sebagai biaya Setting Modem. Kalau boleh tahu, dimana alamat pemasangannya, kami akan melakukan survey. Kalau khawatir diketahui orang, bisa kirim email japri ke helpdesk.speedypalu@gmail.com , saya akan tindaklanjuti. Tks atas kunjungannya.

      Delete
  8. saya tri dari kalbar,,,,mas mau tanya,,saya sudah pasang paket speedy yang perbulannya itu sekitar 250ribuan,,,waktu pertama kali kecepatan nya bisa nyampai 150 kb/s,,tapi kok sekarang cuma 50 kb/s ya mas,,,mohon penjelasannya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @tri di kalbar :
      250 ribu ??? itu harga diskon ya ? Atau pembayaran setelah digabung dengan Telepon. Karena ini terkait dengan analisa saya, bisa berbeda.
      Saya asumsikan saja kalau itu harga setelah diskon. Misalnya harga normal 395 rb. Itu adalah paket Load, dimana kecepatannya up to 512 kb/s. Pada saat test speed pertama kali, normalnya sampai 500 an kb/s. Test speed nya di lokal indonesia saja, karena kalau ke luar negeri, tidak ada jaminan trafik internasionalnya . Paket Load adalah paket semi unlimited, dimana jika Usage nya sudah mencapai 3 GByte maka kecepatannya akan turun ke 128 kb/s. Speed akan kembali lagi ke up to 512 kb/s pada awal bulan berikutnya.
      Demikian penjelasan kami. Jika kurang jelas, mungkin bisa memberikan data nomer telepon/speedy, agar kami bisa evaluasi kenapa nya.
      Tks atas kunjungannya.

      Delete
  9. saya roy, mau pasang speedy di daerah cikarang - bekasi.
    promo bulan juli sama ga yang ada di blog ini ?, trus biaya pemasangan telepon bayar nya sama juga ga?
    apakah promo ini berlaku pada semua daerah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @roy : untuk di daerah cikarang-bekasi, berada pada wilayah pelayanan DCS Barat. Untuk lebih jelasnya bisa menghubungi Plasa Telkom terdekat, atau melalui Call Center 147 (jika dari telepon rumah atau Flexi langsung tekan 147, jika dari HP GSM tekan 021147), semoga tidak jauh beda.

      Delete
  10. mau tanya,saya dirumah pakai speedy paket guru yang 100 ribu.
    pemakaian sekitar 6 bulan,
    yang mau saya tanyakan,kenapa tiap bulan tagihan selalu naik??
    terima kasih
    tolong di jawab via email
    bayu.xbaru@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Anonymous said...

    mau tanya,saya dirumah pakai speedy paket guru yang 100 ribu.
    pemakaian sekitar 6 bulan,
    yang mau saya tanyakan,kenapa tiap bulan tagihan selalu naik??
    terima kasih
    tolong di jawab via email
    bayu.xbaru@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. @bayu : nomer berapakah telepon/speedynya? saya akan bantu analisanya.
      Kalau boleh saya prediksi :
      Kemungkinan pertama, jika anda hanya pakai Speedy saja, pemasangan speedy anda, mungkin baru pada bulan Mei. Jika pasangnya tidak tanggal 1 Mei, maka, tagihan Speedy pada bulan Juni dihitung secara prorata (jumlah hari sisa dibagi 31 dikalikan tarif). Sehingga tagihan bulan Juni tidak Full 100 ribu. Tagihan bulan Juli sudah Full 100 ribu, maka otomatis angka tagihannya naik.
      Kemungkinan kedua, jika sudah lebih dari 2 bulan, dan anda juga menggunakan telepon, maka, angka kenaikan angka tagihan itu berasal dari pemakaian telepon anda.

      Demikian prediksi analisa saya, semoga bisa lebih memperjelas.
      Trimakasih atas kunjungannya.

      Delete
    2. 0333897203
      Atas nama edi purnomo
      Saya cuma pakai paket speedy tanpa telfon rmh
      Saya juga mw tanya,apakah paket tersebut hanya berlaku intuk beberapa bulan saja tidak seumur hidup???
      terima kasih

      Delete
  12. mau nanya saya make paket wifi speedy yang 250rb perbulan baru masang kemaren sih pas nanya ke kantor speedy katanya unlimited itu paketnya real unlimited atau semi unlimited? terus kalo semi unlimited gitu kalo pemakaian lebih dari kuota dikenakan biaya tambahan gak ? mohon penjelasannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 250 ribu ? Kalau boleh saya perkirakan , itu pembayaran setelah digabung dengan Telepon. Dengan rincian = harga speedy pakaet Load setelah diskon+ppn + Tagihan Telepon+ppn = (200+20) rb + (28700+2870)= 251570.
      Harga paket Speedy Load normal 395 rb. Paket Load, dimana kecepatannya up to 512 kb/s. Pada saat test speed pertama kali, normalnya sampai 500 an kb/s. Test speed nya di lokal indonesia saja, karena kalau ke luar negeri, tidak ada jaminan trafik internasionalnya . Paket Load adalah paket semi unlimited, dimana jika Usage nya sudah mencapai 3 GByte maka kecepatannya akan turun ke 128 kb/s. Speed akan kembali lagi ke up to 512 kb/s pada awal bulan berikutnya.

      Untuk paket Semi Unlimited , tidak ada biaya tambahan kalau pemakaiannya melebihii kuota.

      Paket Limited : Mail dan Chat
      Paket Semi Unlimited : Socialia dan Load
      Paket Unlimited : Familia, Excecutive, Biz


      Tks atas kunjungannya.

      Delete
  13. Mohon masukan, kalau untuk pemasangan Wifi dikampus yang bisa diakses kurang lebih 200 mahasiswa solusi paket apa yang sebaiknya bisa kami terapkan ? terim kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Kampus yang usernya banyak, saya sarankan berlangganan paket ASTINET yang dikelola oleh Divisi Bisnis Service Telkom. Produk Speedy lebih diarahkan untuk pengguna Perseorangan atau small Office. Silahkan kunjungi www.telkom.co.id untuk mengenal lebih jauh produk kami dan mengetahui bagaimana mengajukan permohonannya.

      Trimakasih kunjungannya.

      Delete
  14. kalo saya belum pasang kabel telpon dan saya mau pasang speedy unlimited yg 384 kira kira berapa biaya seluruhnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lokasi anda di wilayah Sulawesi Tengah, biaya awal hanya 25 ribu rupiah saja. Tetapi harus disurvey dulu, apakah lokasi rumah anda terjangkau jaringan kabel atau tidak.

      Delete
  15. saya mau tanya, harga yg di atas itu blm termasuk ppn 10%?
    thx

    ReplyDelete
  16. saya mau tanya mas..ada ga speedy tanpa kabel??karena daerah saya tidak terjangkau kabel telepon..atau teknologi lain yang mendukung adanya koneksi internet dari telkom,..d share buat 5 clent...mohon mas solusinya..(facebook alfa.mfalfa@gmail.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Speedy tanpa kabel ..... ?
      Saya jadi ingat keinginan saya sekitar 3 tahun lalu, ketika otu ada calon pelanggan seperti anda juga.. Memang prokuk itu yang sedang kami tunggu. Waktu itu sudah ada rencana penggelaran WIMAX, namun sekarang belum ada kelanjutannya. Mohon bersabar ya.

      Delete
  17. pak mau tanya unutk paket guru yang satu Mb ini gmn ya? caranya unutk berlangganan, biayanya brp untuk pemasangan awal yang belum ada line telephone... jumlah totalnya mohon infonya pak.. daerah jalan anggur. boyaoge..

    ReplyDelete
  18. pak mw tanya neh oalnya aku pelanggan baru speedy,minggu lalu aku mulai langganan spedey dengan memilih paket speedy 384 kbps/ bulan dan pemakaian saya sekarang melebihi kuota yang telah di tentukan...yang perlu di tanyakan apa saya harus membayar lebih jika melebihi pemakaian kuota yang telah di tentukan.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai paket 384 tidak ada istilah kelebihan kuota, karena volume pemakaian sudan Unlimited. Batas volume usage 3GByte hanyalah merupakan titik pengendali kecepatan, dimana sebelum mencapai 3 GByte kecepatan downsteeamnya up to 384 kbps, setelah melewati usage 3Gbyte kecepatan akan turun ke 128 kbps, tanpa batas volume pemakaian. Jadi jangan khawatir untuk tetap menggunakan speesy, karena tagihan anda tidak akan melonjak. Kelebihan atau ovesage hanya terjadi dipaket lama Cermat, Timebase, Personal, Profeaional dan paket baru Mail dan Chat. Demikian jawaban kami semoga anda paham. Selamat menikmati internet Speedy True Broadband.

      Delete
  19. Mau tanya , saya masih mau langganan speedy . Dirumah saya nggk ada telfon rumah . Saya pingin makek yang paket wifi , kira kira biaya keseluruhan berapa ya ? Saya tinggl di daerah Blitar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk berlangganan Speedy saat ini, jaringan akses masih menggunakan kabel telepon rumah, jadi kalau belum punya telepon rumah ya nggak bisa langganan Speedy. Harus pasang dulu dan bisa atau tidaknya tergantung dari ketersediaan jaringan Telkom yang mencatu lingkungan sekitar rumah anda.
      Paket Speedy sekarang mulai paket 384 sudah menggunakan modem Wifi.
      Untuk daerah Blitar, saya kurang tahu struktur biayanya, coba tanyakan melalui Plasa Telkom terdekat, atau nelpon saja ke 147 jika via Flexi atau 031147 jika melalui HP.

      Delete
  20. mau tanya, kalau Paket Socialia itu pas quotanya terlampaui dan ada kelebihan apa ada tarif tambahan, apa bayarnya tetap 195.000?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @mauliddin: paket socialia (sekarang bernama paket 384) tidak ada kekhawatiran kelebihan tagihan dari tarif, alias tidak ada tarif tambahan, jadi tetap 195 ribu. Mau hidup terus 24 jam sehari 7 hari seminggu dan 30 hari sebulan, bayarnya juga tetap saja. Sebutan Semi Unlimited di sini dimaksudkan bahwa pada saat Pemakaian data (total download dan upload) sudah mencapai 3 GByte maka kecepatan akan diturunkan ke 128 kbps. itu saja.

      Delete
  21. Mau tnya, kmrn konsul sama petugas speedy..
    Setelah ditanyakan no telp saya, besoknya di telp dan dikabarkan bahwa jaringan telp saya tidak sesuai dengan pake 1 mbps.
    Tetapi sorenya di telp dan dikonfirmasi bahwa petugas siap mengakali jaringannya dengan syarat pemberian uang rokok..
    tolong penjelasannya terkait masalah ini?
    Dan untuk promo 1 mbps, apa benar menggunakan harga 295 selama satu tahun..
    *daerah bogor

    ReplyDelete
  22. Konsultasi dan keluhan sampaikan ke 147 atau www.telkom.co.id , intinya tidak ada biaya apapun bagi perbaikan jaringa Speedy yg memang menjadi hak pelanggan. Untuk harga paket Speedy di kota Bogor kami kurang tahu, lebih tepatnya silahkan call 147 dari telpon rumah atau Flexi, atau 021147 kalau dari Hp. Trimakasih atas kunjungannya di blog ini.

    ReplyDelete
  23. om speedy..mo tanya dunk..skrg sy pakai paket speedy yg 512kbps..rencanaya saya mo naikin speed ke 1mb..btw dapet diskon lagi ga???

    ReplyDelete
    Replies
    1. @khaper bead : Terimakasih telah memilih Speedy sebagai sarana akses internetnya. Normalnya setiap naik paket tentu biaya abonemen naik.
      Namun Telkom masih memberikan peluang bagi pelanggan yang ingin naik paket tetapi harganya tidak naik, kami punya program Promo HSSP, Higher Speed Same Price, dimana kecepatan dinaikkan lebih tinggi, tetapi dengan harga yang sama, dengan selektif kepada pelanggan dengan kriteria: usia berlangganan sudah minimal 6 bulan sejak pasang baru, dan Pembayaran tidak pernah telat. Jika ingin tahu lebih detail, silahkan hubungi 147 atau 031147 jika dari HP.

      Delete
  24. om speedy mo tanya dunk..skrg sy pakai speedy yg 512 Rp295 rb/bln...rencanaya sy mo naikin speed ke 1Mb..btw kira2 dpt diskon lg ga beberapa bulan gtu ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. @khaper bead : Untuk upgrade paket Speedy, normalnya pasti harga abonemen bulanannya akan naik. Untuk kebijakan Diskon/promo ada di tiap tiap Area Pelayanan yang mungkin berbeda antara satu dengan yang lainnya. Untuk lebih pastinya silahkan hubungi 147 atau 031147, dan tanyakan segala sesuatunya ke sana. Jika lokasi anda dekat dengan Plasa Telkom , silahkan datang langsung.

      Delete
  25. halo om speedy. dirumah saya pasang paket speedy dengan paket socialia, apakah memang paket tersebut membatasi jumlah komputer yang connect dengan wifi atau bagaimana? soalnya kadang kalo jumlah laptop yang terkoneksi sudah 5 laptop jadi laptop yang ke enam tidak dapat connect. mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Oktri : tidak ada pembatasan dari Speedy bahwa aksesnya dibatasi sekian client yang bisa terhubung ke wifi tersebut. Semua bisa akses, hanya saja resikonya kecepatan per client nya jadi lebih lambat, jika semua akses bareng , atau ada yang sedang akses Streaming. Untuk memastikan bahwa tidak ada pembatasan, maka perlu di cek settingan di modem wifi nya, melalui menu LAN, coba cek, Range IP LAN nya apakah di batasi hanya 5 IP saja(star-end)? kalau itu ya, berarti harus di ekspand IP nya.

      Delete
  26. mas mau tanya saya memakai paket sosialia waktu promo 110rb/bulan
    sekarang udh tarif normal ke 190rb/bulan, apakah saya bisa mendaftar ulang utk paket sosialia dan dihitung 110rb lagi,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelanggan Speedy lama tidak bisa melakukan Cabut-Pasang hanya untuk mendapatkan Promo Diskon. PRomo Diskon khusus berlaku bari pelanggan baru (belum pernah pakai Speedy. Namun jika pelanggan Speedy lama sangat loyal, tidak pernah telat dalam melakukan pembayaran, mungkin ada peluang untuk mendapatkan paket promo Retensi dari Telkom, lebih jelasnya coba tanyakan ke 147 atau Plasa Telkom terdekat.

      Delete
  27. mas kmarin (19/01/2013)sy ke plaza telkom untuk upgrade koneksi speedy sy dari paket 384 Kbps ke paket yg 1 M, katanya hr senin (21/01/2013) suda ter upgrade, pas sy tes di rumah kok blum ter upgrade...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon informasinya, nomor speedy atau teleponnya berapa, agar kami bisa cek dan telusuri. Tks

      Delete
  28. untuk Tahun 2013 ada promo lagi gak pak...? khusunya untuk Guru/ PNS



    jaket kulit garut
    jaket kulit murah

    ReplyDelete
  29. ijin masuk pak...
    untuk pemasangan di wilayah Kec.Kasimbar Kab.Parigi Moutong..
    dimohon infonya pak...
    di email kesini saja pak
    smkn1kasimbar@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya reply via japri. Kasimbar belum bisa dilayani, kami masih mengusulkan pembangunan jaringan baru di sana. Mohon maaf

      Delete
    2. sy pelangan speedy knpa sy tdk bsa dipasang indihomenya sy sdh keplasa telkom kata pegawainya kabel optiknya blm ada jdi sy msh pakai kabel DSLAM katanya.sy kecewa juga .mohon pencerahannya.sy tingal diposo nomor speedy sy 172708204960.mohon bantuannya.trims

      Delete
    3. Sudah saya jawab via japri ya. Alasannya jarak agak jauh dr kantor, redaman kabel besar, harus di test sebelum kami putuskan bisa atau tidaknya secara teknis.

      Delete

bilang: