Tentang kami

My photo
Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
Telkom Sulawesi Tengah sebagai penyedia layanan Internet berkomitmen untuk melayani para pelanggan sepenuh hati. Blog ini sebagai salah satu moda interaksi kami dengan para pelanggan dan calon pelanggan selain melalui Plasa Telkom, 147 dan www.telkom.co.id serta www.indihome.co.id Di dalam blog ini kami menyediakan berbagai pengetahuan tentang internet INDIHOME yang diperlukan oleh pelanggan dan calon pelanggan. Kami menerima masukan dan saran untuk perbaikan melalui e-mail helpdesk.speedypalu@gmail.com Terimakasih telah berkunjung.

Friday, January 20, 2012

TEST SPEED Internet anda

Ada yang baru di Speedy. Sekarang ada alternatif server baru untuk melakukan pengukuran kecepatan akses internet anda. Alamatnya di :
http://speedtest.telin.co.id
Segera simpan alamat di atas pada bookmark atau halaman favorit anda.
Berikut ini capture hasil pengururannya (ini hanya sample, jangan dijadikan hasil test harus seperti ini) :

Capture setelah Test Speed
Hasil pengukuran kecepatan menunjukkan, Kecepatan Download 945 Kbps (hampir 1 Mbps), jika di translasikan ke dalam kecepatan transfer data menjadi 117,9 KB/sec. Kenapa berbeda? Coba perhatikan lagi satuannya, jangan hanya melihat angkanya. Satuan KB/sec itu artinya Kilo Byte per second, sedangkan satuan Kbps itu artinya Kilo Bit per second. Hubungan antara Byte dengan Bit, adalah setiap 1 Byte terdiri dari 8 Bit.
Kecepatan Upload 234 Kbps, atau 29,3 KB/sec.
Perhatikan bahwa kecepatan Download dengan kecepatan Upload tidak sama. Ini memang karakteristik dari SPEEDY, dimana antara download dan upload tidak balance. Namanya saja teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscriber line), tentu saja tidak balanced. Ide awal dari dikembangkannya ADSL ini adalah karena memang sifat atau karakteristik user internet secara umum adalah tidak balance antara kebutuhan download dan upload. Contohnya saja kita lah, sebagai pengguna internet umum, kita kan sering mencari konten konten yang sebenarnya perlu bandwidth besar, misalnya akses ke Youtube, atau streaming TV Online. Upload kita paling hanya kalau kita ketik address kita enter, atau pas kita kirim e-mail, atau sesekali bloging.

Artinya secara umum memang begitu, kecuali para pengguna internet khusus, dimana akses internet tersebut diperuntukkan bagi Server, atau para pengelola Server. Kebutuhan bandwitdh upload mereka mungkin sama atau bahkan melebihi dari kebutuhan download. Contohnya IP Camera, perangkat ini langsung terhubung ke kabel LAN/RJ-45, maka kebutuhan akan bandwith uploadnya akan lebih besar, karena kamera ini selalu mengirim gambar yang dicapture dengan kecepatan sekian frame per second ke server, dan perangkat ini tidak butuh bandwith download, paling hanya untuk sinkronisasi saja dengan server.

Itu sebagai gambaran saja, kenapa Speedy kecepatan Download/Upload nya tidak seimbang.

7 comments:

  1. Pertanyaan, saya pakai paket yg executive 2 Mbps, nah, sya test di speedtest kok sama sekali tidak pernah mendapat kecepatan download sampai 2 Mbps..maksimal 1,2 Mbps..apakah ada yang salah dengan settingan modemnya?


    Rogo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk melakukan test speed, pastikan anda terhubung langsung ke modem speedy dan hanya satu pc/laptop anda sendiri yang melakukan akses (tidak di share dengan pc/laptop/hub lain). Pastikan juga tidak ada window/tab browser lain yang sedang aktif, apalagi sedang streaming. Setelah kondisi itu, lakukan test speed. Jika hasilnya masih jauh di bawah 2 Mbps, silahkan kirim japri data langganan anda, nomer telepon atau speedy ke alamat email admin di helpdesk.speedypalu@gmail.com , akan saya bantu untuk investigasinya.

      Delete
  2. apakah transfer rate bisa diketahui melalui modem?
    maksud sya dari settingan modem TPlink nya melalui 192.168.1.1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ada di 192.168.1.1 pada menu status,disana ada downstream/downlink speed, adalah sebatas pada performansi jaringan antara modem ke port sentral data dan merupakan penampakan speed maksimal yang diijinkan terkait dengan paket yang sesuai dengan pilihan pelanggan. Misalnya paket yang dipilih pelanggan adalah paket Familia, maka pada status modem akan tertulis disana akan tertulis 1128 kbps (ini hanya ontoh). Angka itu belum tentu didapat sebagai transfer rate pada saat pelanggan melakukan download file dari internet ke komputer, karena transfer rate itu sangat banyak faktor yang mempengaruhinya, antara lain server sumber data ada dimana, akan berbeda pada saat servernya ada di indonesia dibanding jika servernya ada di amerika, karena hope yang dilalui semakin panjang dan Bw jaringan tiap hope tidak selalu sama. Selain itu kualitas jaringan akses ke pelanggan juga bisa berpengaruh. Ada juga faktor kepadatan trafik pengguna internet yang dilalui di setiap hope. Performansi PC anda sebagai client dan performansi PC server yang dituju juga mempengaruhi, komputer yang bervirus, tentu akan buruk performansinya. Mungkin seperti itu gambarannya.

      Delete
  3. nah..kalau menggunakan paket yang executive seharusnya pada data rate tertulis 2xxx kbps khan??sedangkan di tempat kami di data rate nya hanya 1128 kbps (berarti sama dengan data ratenya familia dong??

    untuk lebih jelasnya saya akan kirim capture gambar status di modem tplink kami ke helpdesk.speedypalu@gmail.com

    sebenarnya masih banyak pertanyaan yang ingin kami sampaikan...dimanakah saya bisa mendatangi/ mungkin dari pihak helpdesk bisa mendatangi kami untuk bisa m\engetahui permasalahan nya..terima kasih.

    ReplyDelete
  4. terima kasih untuk bantuannya pak, sekarang sudah sesuai dengan paket yang kami bayar.

    adakah ym atau gtalk atau no hp yang bisa diberikan supaya kami bisa lebih mudah dalam berkomunikasi.

    osokarpogor@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk laporan gangguan resmi melalui telepon 147 dan datang langsung ke plasa Telkom, kalau dari Gsm 031147. Blog ini hanya inovasi tambahan dari kami di Palu untuk lebih dekat dan interaktif dengan pelanggan. Kalau bapak ada yg perlu disampaikan boleh via email blog ini.

      Delete

bilang: