Tentang kami

My photo
Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia
Telkom Sulawesi Tengah sebagai penyedia layanan Internet berkomitmen untuk melayani para pelanggan sepenuh hati. Blog ini sebagai salah satu moda interaksi kami dengan para pelanggan dan calon pelanggan selain melalui Plasa Telkom, 147 dan www.telkom.co.id serta www.indihome.co.id Di dalam blog ini kami menyediakan berbagai pengetahuan tentang internet INDIHOME yang diperlukan oleh pelanggan dan calon pelanggan. Kami menerima masukan dan saran untuk perbaikan melalui e-mail helpdesk.speedypalu@gmail.com Terimakasih telah berkunjung.

Tuesday, October 16, 2012

Konfigurasi Pemasangan Speedy yang salah

Untuk memberikan edukasi kepada para pelanggan Speedy yang masih mengeluhkan putusnya layanan internet Speedy jika ada panggilan keluar atau masuk di telepon , maka berikut kami sharing gambar / konfigurasi rangkaian modem Speedy di rumah pelanggan yang SALAH. Sengaja gambar ini saya upload agar bisa menjadi komparasi bagi para pelanggan untuk mempermudah lokalisirnya. Bagi pemilik gambar ini, dari salah satu komentator, kami mohon ijin untuk merefernya ya, gambar ini saya ambil dari link : http://i447.photobucket.com/albums/qq191/bendol212/1_zpsdd1ca216.jpg

Diagram Rangkaian Perkabelan Speedy yang SALAH



Dari Gambar diatas  ada kesalahan penempatan posisi, antara Splitter yang sebenarnya (Active DSL Splitter) dan Phone Line splitter (yang hanya berfungsi sebagai murni titik paralel). Kedua Splitter tersebut walaupun secara fisik mirip, tapi secara teknis elektris berbeda. Kalau Active DSL Spliter, di dalamnya ada komponen elektris yang berfungsi sebagai Filter untuk memisahkan sinyal telepon dan Speedy. Kalau di Phone Line Splitter tidak ada fungsi Filter, tapi hanya paralel kabel saja.
Makanya pada saat ada telepon masuk atau telepon dipakai keluar, sinyal Speedynya terganggu alias putus, karena tidak ada Fungsi Filtering/pemisahan sinyal Speedy dan telepon.

Solusinya gampang sekali : yaitu dengan menukar Posisi antara kedua Splitter tersebut.
Setelah ditukar, maka posisinya sebagai berikut :
Dari KTB, hubungkan dengan kabel Roset menuju port LINE pada kotak Active DSL Splitter. Keluaran dari Active DSL Spliter ada dua port, pertama port ADSL, ini merupakan sinyal Speedy, dihubungkan ke arah Modem Speedy dengan kabel roset, dan kedua port PHONE , ini merupakan sinyal telepon, dihubungkan menuju Phone Line Splitter, dan keluaran dari Phone Line Splitter adalah sudah merupakan sinyal telepon dan bisa diparalel ke banyak telepon, mau ke kamar, ruang tamu, ruang dapur bisa semua tanpa mengganggu sinyal Speedy.
Kalau di gambar yang benar seperti berikut ( saya dapat dari searching google dengan kata kunci splitter telepon, semoga yang punya menyetujui).

Gambar Perkabelan Speedy yang BENAR


Demikian sharing dari kami, semoga bisa membantu mensolusikan permasalahan Speedy anda.

No comments:

Post a Comment

bilang: